Sihotang, Chyntia Vatica (2023) Hubungan Iklim Sekolah Dengan Perilaku Bullying Siswa SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193151003_Cover.pdf
Download (84kB)
1193151003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (493kB)
1193151003_Abstrak.pdf
Download (500kB)
1193151003_Kata_Pengantar.pdf
Download (558kB)
1193151003_Daftar_Isi.pdf
Download (286kB)
1193151003_Daftar_Gambar.pdf
Download (226kB)
1193151003_Daftar_Tabel.pdf
Download (230kB)
1193151003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (230kB)
1193151003_BAB_I.pdf
Download (532kB)
1193151003_BAB_V.pdf
Download (201kB)
1193151003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (397kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying siswa di SMKN 5 Medan. Rumus masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada hubungan Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying siswa di SMKN
5 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan jenis penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2023. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII semester ganjil sebanyak 100 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui hubungan Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying. Kemudian, data dianalisis menggunakan uji Normalitas, Linearitas, dan Determinasi untuk mengetahui adakah hubungan Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying siswa. Hal ini dapat diperoleh dari hasil perhitungan uji Normalitas dengan menggunakan rumus Kolmogrov-smirnov (KD) dengan � = 0,05, dihasilkan nilai signifikansi KD = 0,067. Diketahui bahwa nilai KD (0,067) > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Kemudian dilihat dari hasil
perhitungan uji Linearitas dihasilkan nilai sig. Liniearity sebesar 0,000 dan nilai sig. Deviation From Linearity 0,104. Berdasarkan kriteria maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa variabel bebas (Iklim Sekolah) dengan variabel terikat (Perilaku Bullying) berhubungan linier. Kemudian dilihat dari hasil uji determinasi nilai kkoefisien determinasi yang sudah disesuaikan (R square) sebesar 0,184 hal ini berarti 18%
variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sedangkan sisanya (100% - 18% = 82%) dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Iklim Sekolah; Perilaku Bullying |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 31 May 2024 01:39 |
Last Modified: | 31 May 2024 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58242 |