Yunanda, Putri Wisda (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Pecahan di Kelas V SD Negeri 107418 Bangun Sari Baru T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311019_Cover.pdf
Download (92kB)
1193311019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (874kB)
1193311019_Abstrak.pdf
Download (146kB)
1193311019_Kata_Pengantar.pdf
Download (238kB)
1193311019_Daftar_Isi.pdf
Download (377kB)
1193311019_Daftar_Tabel.pdf
Download (317kB)
1193311019_Daftar_Gambar.pdf
Download (148kB)
1193311019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (207kB)
1193311019_BAB_I.pdf
Download (384kB)
1193311019_BAB_V.pdf
Download (203kB)
1193311019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (232kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktilitas dan Efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Pecahan di kelas V SD Negeri 107418 Bangun Sari Baru. Desain penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 Tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Impelementation, Evaluation. Dalam penelitian produk yang dikembangkan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 107418 Bangun Sari Baru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket dan tes. Soal tes yang digunakan yaitu pre-test dan post-test. Hasil pre-test mendapatkan nilai rata-rata 53,1 dengan kriteria ‘’ Kurang Cukup’’ dan nilai post-test mendapatkan nilai rata-rata 82,54 ‘’Baik Sekali’’ dari hasil tersebut terjadi peningkatan. Melalui perolehan nilai post-test semua peserta didik tuntas melewati keriteria ketuntasan minimal (KKM).Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase rata-rata diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 90% dengan presentase ‘’ Sangat Layak’’, Validasi ahli desain LKPD sebesar 87% dengan presentase ‘’Layak’’. Hasil uji praktikalitas oleh praktisi Pendidikan memperoleh hasil sebesar 90% dengan presentase ‘’Sangat Praktis’’. Hasil uji keefektifan LKPD meningkat menjadi 82,54 % (Sangat Baik) dengan kriteria ketuntasan ‘’Tuntas’’. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) materi pecahan di kelas V dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 30 May 2024 09:15 |
Last Modified: | 30 May 2024 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58235 |