Yunanda, Putri Wisda (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Pecahan di Kelas V SD Negeri 107418 Bangun Sari Baru T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 1193311019_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_Cover.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 1193311019_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (874kB)
![[thumbnail of 1193311019_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_Abstrak.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 1193311019_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_Kata_Pengantar.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 1193311019_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_Daftar_Isi.pdf
Download (377kB)
![[thumbnail of 1193311019_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_Daftar_Tabel.pdf
Download (317kB)
![[thumbnail of 1193311019_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_Daftar_Gambar.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of 1193311019_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (207kB)
![[thumbnail of 1193311019_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_BAB_I.pdf
Download (384kB)
![[thumbnail of 1193311019_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (890kB)
![[thumbnail of 1193311019_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (857kB)
![[thumbnail of 1193311019_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 1193311019_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_BAB_V.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of 1193311019_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 1193311019_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktilitas dan Efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Pecahan di kelas V SD Negeri 107418 Bangun Sari Baru. Desain penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 Tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Impelementation, Evaluation. Dalam penelitian produk yang dikembangkan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 107418 Bangun Sari Baru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket dan tes. Soal tes yang digunakan yaitu pre-test dan post-test. Hasil pre-test mendapatkan nilai rata-rata 53,1 dengan kriteria ‘’ Kurang Cukup’’ dan nilai post-test mendapatkan nilai rata-rata 82,54 ‘’Baik Sekali’’ dari hasil tersebut terjadi peningkatan. Melalui perolehan nilai post-test semua peserta didik tuntas melewati keriteria ketuntasan minimal (KKM).Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase rata-rata diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 90% dengan presentase ‘’ Sangat Layak’’, Validasi ahli desain LKPD sebesar 87% dengan presentase ‘’Layak’’. Hasil uji praktikalitas oleh praktisi Pendidikan memperoleh hasil sebesar 90% dengan presentase ‘’Sangat Praktis’’. Hasil uji keefektifan LKPD meningkat menjadi 82,54 % (Sangat Baik) dengan kriteria ketuntasan ‘’Tuntas’’. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) materi pecahan di kelas V dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 30 May 2024 09:15 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58235 |