Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Tema Profesi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun

Sembiring, Putri Utamai Br (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Tema Profesi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193113043_Cover.pdf] Text
1193113043_Cover.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 1193113043_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193113043_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193113043_Abstrak.pdf] Text
1193113043_Abstrak.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1193113043_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193113043_Kata_Pengantar.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 1193113043_Daftar_Isi.pdf] Text
1193113043_Daftar_Isi.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 1193113043_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193113043_Daftar_Tabel.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 1193113043_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193113043_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 1193113043_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193113043_Daftar_Lampiran.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 1193113043_BAB_I.pdf] Text
1193113043_BAB_I.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 1193113043_BAB_V.pdf] Text
1193113043_BAB_V.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 1193113043_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193113043_Daftar_Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif Berbasis Problem Solving Pada Tema Profesi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan konsep model ADDIE yaitu diantaranya terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ialah ahli kelayakan isi, ahli tampilan media, guru dan peserta didik kelas B di TK Budi Murni 2 Simalingkar, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, dan Objek penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada tema profesi untuk anak usia 5-6 tahun. Teknis analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh dari uji validitas dengan skala penilaian 1-5 yaitu validasi kelayakan isi memperoleh rata-rata skor sebesar 4,3 yang mana masuk kedalam kategori Sangat Valid/Layak dan validasi tampilan media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4 yang mana masuk kedalam kategori valid/layak. Hasil Uji Praktikalitas dengan skala penilaian 1-5 dapat dilihat bahwa Uji praktikalitas guru mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,6 yang mana masuk kedalam kategori Sangat Praktis dan hasil respon peserta didik mendapatkan rata-rata penilaian 4 dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada tema profesi untuk anak usia 5-6 tahun telah Valid dan Praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Interaktif, Problem Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 30 May 2024 09:06
Last Modified: 30 May 2024 09:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58232

Actions (login required)

View Item
View Item