Gultom, Jesika (2023) Pengembangan Buku Nonteks karakterisasi Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC) di Sumatera Utara. Masters thesis, UNIMED.
8196173003_Cover.pdf
Download (52kB)
8196173003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (332kB)
8196173003_Abstrak.pdf
Download (70kB)
8196173003_Kata_Pengantar.pdf
Download (162kB)
8196173003_Daftar_Isi.pdf
Download (179kB)
8196173003_Daftar_Tabel.pdf
Download (47kB)
8196173003_Daftar_Gambar.pdf
Download (44kB)
8196173003_BAB_I.pdf
Download (294kB)
8196173003_BAB_V.pdf
Download (153kB)
8196173003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (103kB)
Abstract
Kurang tersedianya modul ajar berupa buku pembelajaran yang dibutuhkan saat pembelajaran dan kurangnya efektifitas pembelajaran matematika. Peserta didik merasa bosan, kurang aktif dan tertarik dalam belajar sehingga kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar dan berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu solusi permasalahan tersebut adalah penggunaan modul ajar berbasis Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kevalidan, Kepraktisan dan Keefektivan modul ajar materi bangun datar berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang dikembangkan. 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan di kelas VII MTS Terpadu Kota Langsa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yakni: 1) Modul ajar yang dikembangkan telah dikategorigan Valid, Praktis dan Efektif. 2) Berdasakan indeks gain ternormalisasi, diperoleh diperoleh bahwa pada uji kelompok kecil terjadi peningkatan kemampuan hasil belajar dengan skor n-gain 0,6 dikategorikan sedang, dan pada uji kelompok besar terjadi peningkatan kemampuan hasil belajar dengan skor n-gain 0,7 dikategorikan sedang. Berdasarkan ketuntasan siswa secara klasikal, adapun persentase ketuntasan siswa pada uji yang dilakukan yakni, siswa tuntas yakni 29,3 % siswa tuntas pada pre test dan 86% siswa tuntas pada post test. Dengan demikian, pengembangan modul ajar materi bangun datar berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTS Terpadu Kota Langsa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 580.72 Gul p |
Keywords: | Buku nonteks, karakterisasi, Andaliman, riset |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2024 08:05 |
Last Modified: | 30 May 2024 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58214 |