Pengembangan Buku Nonteks karakterisasi Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC) di Sumatera Utara

Gultom, Jesika (2023) Pengembangan Buku Nonteks karakterisasi Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC) di Sumatera Utara. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196173003_Cover.pdf] Text
8196173003_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 8196173003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196173003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 8196173003_Abstrak.pdf] Text
8196173003_Abstrak.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 8196173003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196173003_Kata_Pengantar.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 8196173003_Daftar_Isi.pdf] Text
8196173003_Daftar_Isi.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8196173003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196173003_Daftar_Tabel.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 8196173003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196173003_Daftar_Gambar.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 8196173003_BAB_I.pdf] Text
8196173003_BAB_I.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 8196173003_BAB_V.pdf] Text
8196173003_BAB_V.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 8196173003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196173003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (103kB)

Abstract

Kurang tersedianya modul ajar berupa buku pembelajaran yang dibutuhkan saat pembelajaran dan kurangnya efektifitas pembelajaran matematika. Peserta didik merasa bosan, kurang aktif dan tertarik dalam belajar sehingga kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar dan berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu solusi permasalahan tersebut adalah penggunaan modul ajar berbasis Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kevalidan, Kepraktisan dan Keefektivan modul ajar materi bangun datar berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang dikembangkan. 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan di kelas VII MTS Terpadu Kota Langsa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yakni: 1) Modul ajar yang dikembangkan telah dikategorigan Valid, Praktis dan Efektif. 2) Berdasakan indeks gain ternormalisasi, diperoleh diperoleh bahwa pada uji kelompok kecil terjadi peningkatan kemampuan hasil belajar dengan skor n-gain 0,6 dikategorikan sedang, dan pada uji kelompok besar terjadi peningkatan kemampuan hasil belajar dengan skor n-gain 0,7 dikategorikan sedang. Berdasarkan ketuntasan siswa secara klasikal, adapun persentase ketuntasan siswa pada uji yang dilakukan yakni, siswa tuntas yakni 29,3 % siswa tuntas pada pre test dan 86% siswa tuntas pada post test. Dengan demikian, pengembangan modul ajar materi bangun datar berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTS Terpadu Kota Langsa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 580.72 Gul p
Keywords: Buku nonteks, karakterisasi, Andaliman, riset
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 08:05
Last Modified: 30 May 2024 08:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58214

Actions (login required)

View Item
View Item