Wahyudi, Chandra (2023) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Teknik Assertive Training Terhadap Konformitas Negatif Siswa Kelas X IPA-II SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193351016_Cover.pdf
Download (129kB)
1193351016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (331kB)
1193351016_Abstrak.pdf
Download (211kB)
1193351016_Kata_Pengantar.pdf
Download (270kB)
1193351016_Daftar_Isi.pdf
Download (164kB)
1193351016_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
1193351016_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
1193351016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1193351016_BAB_I.pdf
Download (542kB)
1193351016_BAB_V.pdf
Download (128kB)
1193351016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (241kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik assertive training terhadap konformitas negatif siswa kelas X IPA-II SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) pretest-postest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas X IPA-II yang memiliki skor konformitas negatif yang
tinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan angket konformitas negatif siswa berjumlah 41 item pernyataan yang telah valid dan reliable. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok pendekatan
behavioral teknik assertive training. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik assertive training terhadap konformitas
negatif siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pretest) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 128,142 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 68,285. Hal ini dapat diperoleh dari uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang wilcoxon untuk n = 7 dan α = 0,05 maka diperoleh Jtabel = 2. Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis,
hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 2, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Dari hasil uji reliabilitas, nilai cronbach alpha sebesar (0,892). Nilai tersebut lebih besar dari nilai Jtabel dengan taraf signifikansi sebesar 5% atau koefiensi α > 0,339 maka item
dinyatakan sangat reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik assertive training terhadap konformitas negatif siswa kelas X IPA-II SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Teknik Assertive Training; Konformitas Negatif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 30 May 2024 07:17 |
Last Modified: | 30 May 2024 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58210 |