Pengembangan Bahan Ajar E-Majalah Tema 3 Subtema 1 Berbasis Flipbook Interaktif Pada Kelas V Sekolah Dasar

Cepti, Yuria Pratama (2023) Pengembangan Bahan Ajar E-Majalah Tema 3 Subtema 1 Berbasis Flipbook Interaktif Pada Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191111069_Cover.pdf] Text
1191111069_Cover.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 1191111069_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111069_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 1191111069_Abstrak.pdf] Text
1191111069_Abstrak.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 1191111069_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111069_Kata_Pengantar.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 1191111069_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111069_Daftar_Isi.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of 1191111069_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111069_Daftar_Gambar.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 1191111069_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111069_Daftar_Tabel.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 1191111069_BAB_I.pdf] Text
1191111069_BAB_I.pdf

Download (818kB)
[thumbnail of 1191111069_BAB_V.pdf] Text
1191111069_BAB_V.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 1191111069_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111069_Daftar_Pustaka.pdf

Download (610kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya ketersediaan bahan ajar di kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa, serta bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan perkembangan teknologi. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan efektifitas penggunan bahan ajar e-majalah tema 3 subtema 1 pada pembelajaran di kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Peneltian dan Pengembangan ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk e-majalah yang telah divalidasi, dan praktis serta
efektif penerapannya dalam pembelajaran. Dengan rata-rata presentase kelayakan oleh para ahli adalah 85,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Dan hasil respon siswa memperoleh hasil presentase rata-rata 98% dengan kategori “Sangat
Praktis” dan respon guru memperoleh presentase 81% dengan kategori sangat praktis. Serta berdasarkan uji efektifitas terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan kriteria ketuntasan “Lulus” untuk seluruh siswa, dari nilai rata-rata pretest 61,29 menjadi nilai rata-rata postes 86,66. Dan berdasarkan uji efektifitas dengan rumus N-Gain mendapat perolehan nilai N-Gain adalah 0,66 termasuk dalam kategori tafsiran Cukup Efektif, dan perolehan skor N-Gain termasuk kategori Sedang. Sehingga dapat disumpulkan bahwa bahan ajar e-majalah tema 3 subtema 1 berbasis Flipbook Interaktif pada kelas V Sekolah Dasar dapat dikembangkan, layak, praktif, serta efektif digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar, e-Majalah; Flipbook Interaktif.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 30 May 2024 07:01
Last Modified: 30 May 2024 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58209

Actions (login required)

View Item
View Item