Naibaho, Putri Julianti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Dinding Virtual Menggunakan Aplikasi Padlet Pada Tema 8 Kelas V SD Negeri 3 Pasar Pangururan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111042_Cover.pdf
Download (152kB)
1193111042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (775kB)
1193111042_Abstrak.pdf
Download (143kB)
1193111042_Kata_Pengantar.pdf
Download (271kB)
1193111042_Daftar_Isi.pdf
Download (120kB)
1193111042_Daftar_Tabel.pdf
Download (88kB)
1193111042_Daftar_Gambar.pdf
Download (58kB)
1193111042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (87kB)
1193111042_BAB_I.pdf
Download (392kB)
1193111042_BAB_V.pdf
Download (117kB)
1193111042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (121kB)
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian dan pengembangan ini adalah guru jarang menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, adapun media yang digunakan oleh guru adalah media yang terdapat di sekitar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran dinding virtual menggunakan aplikasi Padlet pada Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4 untuk siswa kelas V B SD Negeri 3 Pasar Pangururan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri 3 Pasar Pangururan sebanyak 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner (angket), soal tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini meliputi validasi dari ahli yang merupakan penilaian media pembelajaran dinding virtual menggunakan aplikasi Padlet oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan. Hasil validasi oleh ahli materi mendapakan skor akhir sebesar 88% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media mendapakan skor akhir sebesar 92% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh praktisi pendidikan yaitu guru wali kelas V B SD Negeri 3 Pasar Panguruan mendapakan skor akhir sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Hasil pretest nilai rata-rata siswa memperoleh nilai sebesar 52,5 dengan kriteria “Kurang Efektif” dan pada tahap posttest nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 90,8 dengan kriteria “Sangat Efektif”. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 38,3. Oleh karena ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dinding virtual menggunakan aplikasi Padlet pada Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4 untuk siswa kelas V B SD Negeri 3 Pasar Pangururan dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan oleh siswa pada saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi Padlet |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 30 May 2024 08:57 |
Last Modified: | 30 May 2024 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58205 |