Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Kubus dan Balok Di Kelas V SD N 173435

Simamora, Benyamin (2023) Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Kubus dan Balok Di Kelas V SD N 173435. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111099_Cover.pdf] Text
1193111099_Cover.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 1193111099_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111099_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (883kB)
[thumbnail of 1193111099_Abstrak.pdf] Text
1193111099_Abstrak.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 1193111099_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111099_Kata_Pengantar.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 1193111099_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111099_Daftar_Isi.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1193111099_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111099_Daftar_Gambar.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1193111099_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111099_Daftar_Tabel.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1193111099_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111099_Daftar_Lampiran.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1193111099_BAB_I.pdf] Text
1193111099_BAB_I.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 1193111099_BAB_V.pdf] Text
1193111099_BAB_V.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1193111099_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111099_Daftar_Pustaka.pdf

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui analisis penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita kubus dan balok di kelas V SD N 173435 Doloksanggul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif bersifat pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 1 guru wali kelas V dan 19 siswa keals V SD N 173435 Doloksanggul. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik probability sampling dimana setiap populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita kubus dan balok di kelas V SD N 173435 Doloksanggul efektif dan baik digunakan dalam meningkatkan penyelesaian soal cerita kubus dan balok peserta didik yaitu berdasarkan analisis angket dengan persentase 52,63 %, dan kemudian berdasarkan hasil tes peserta didik dengan kategori tinggi mencapai 9 responden dan juga berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas V selaku penggunaan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning; Soal Cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 30 May 2024 04:34
Last Modified: 30 May 2024 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58190

Actions (login required)

View Item
View Item