Handayani, Tri (2016) ANALISIS KINERJA PENYELENGGARAAN MAKANAN DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN KANTIN LAZIZ CENTRO PANCA BUDI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113142043 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 5113142043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
3. NIM. 5113142043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 5113142043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM. 5113142043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM. 5113142043 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 5113142043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 5113142043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
12. NIM. 5113142043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
13. NIM. 5113142043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis karakteristik konsumen (jenis kelamin, usia, Jurusan dan besarnya uang saku) kantin Laziz Centro Panca Budi Medan; (2) menganalisis penyelenggaraan makanan kantin Laziz Centro Panca Budi Medan; (3) menganalisis tingkat kepuasan konsumen kantin Laziz Centro Panca Budi Medan. Desain penelitian ini adalah cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Agustus 2015. Lokasi penelitian di kantin Laziz Centro Panca Budi Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Panca Budi Medan dengan jumlah 706 orang. Penarikan sampel digunakan dengan metode sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk menjaring data penyelenggaraan makanan dan tingkat kepuasan konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, analisis metode Importance Performance Analysis (IPA), dan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI) menggunakan Microsoft Excel 2007 dan SPSS 18.00.
Karakteristik konsumen kantin yaitu dilihat dari jenis kelamin sebagian besar perempuan (67%), rataan usia konsumen 17 tahun, didominasi Jurusan Administrasi Perkantoran (46%) dan Jurusan Akutansi (34%) serta rataan uang saku Rp 18.500,-. Penyelenggaraan makanan terdiri dari perencanaan menu, penyajian makanan dan minuman serta sarana dan prasarana kantin. Hasil analisis metode Importance Performance Analysis (IPA), kualitas produk dan kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan konsumen terdiri dari empat bagian yaitu prioritas utama, pertahankan prestasi, prioritas rendah dan berlebihan. Prioritas utama yaitu porsi makanan, fasilitas toilet, wastafel, pengering tangan, dan cermin (sanitary kit), kebersihan dan kerapian ruangan dan tempat makan, kecepatan tanggapan pramusaji terhadap keluhan pelanggan, kecepatan penyajian makanan dan minuman, pelayanan yang diberikan sangat baik dan cepat. Pertahankan prestasi yaitu aroma makanan, keempukan makanan, kerenyahan makanan, kematangan makanan, cita rasa makanan, keamanan makanan, kebersihan makanan, nilai gizi makanan, tersedianya makanan dan minuman yang tertera pada daftar menu, keramahan dan kesopanan pelayanan, kemampuan pramusaji dalam berkomunikasi. Prioritas rendah yaitu pemilihan alat hidang, hiasan hidangan, penataan eksterior dan interior ruangan kantin, suasana kantin, pencahayaan ruangan, kemudahan proses pembayaran, kemampuan pramusaji menjelaskan menu dan berlebihan yaitu penyusunan makanan, temperature/suhu makanan, kemudahan menjangkau kantin, keterbukaan dalam menerima kritik dan saran. Nilai Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh sebesar 76.40 persen menunjukkan konsumen telah puas terhadap kinerja pihak kantin Laziz Centro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 011 |
Keywords: | Makanan; Kantin Sekolah; Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 06:12 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 06:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5819 |