ANALISIS KINERJA PENYELENGGARAAN MAKANAN DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN KANTIN LAZIZ CENTRO PANCA BUDI MEDAN.

Handayani, Tri (2016) ANALISIS KINERJA PENYELENGGARAAN MAKANAN DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN KANTIN LAZIZ CENTRO PANCA BUDI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5113142043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5113142043 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5113142043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5113142043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5113142043 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5113142043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5113142043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113142043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5113142043 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5113142043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5113142043 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5113142043 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5113142043 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5113142043 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5113142043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5113142043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5113142043 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5113142043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5113142043 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5113142043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis karakteristik konsumen (jenis kelamin, usia, Jurusan dan besarnya uang saku) kantin Laziz Centro Panca Budi Medan; (2) menganalisis penyelenggaraan makanan kantin Laziz Centro Panca Budi Medan; (3) menganalisis tingkat kepuasan konsumen kantin Laziz Centro Panca Budi Medan. Desain penelitian ini adalah cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Agustus 2015. Lokasi penelitian di kantin Laziz Centro Panca Budi Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Panca Budi Medan dengan jumlah 706 orang. Penarikan sampel digunakan dengan metode sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk menjaring data penyelenggaraan makanan dan tingkat kepuasan konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, analisis metode Importance Performance Analysis (IPA), dan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI) menggunakan Microsoft Excel 2007 dan SPSS 18.00.
Karakteristik konsumen kantin yaitu dilihat dari jenis kelamin sebagian besar perempuan (67%), rataan usia konsumen 17 tahun, didominasi Jurusan Administrasi Perkantoran (46%) dan Jurusan Akutansi (34%) serta rataan uang saku Rp 18.500,-. Penyelenggaraan makanan terdiri dari perencanaan menu, penyajian makanan dan minuman serta sarana dan prasarana kantin. Hasil analisis metode Importance Performance Analysis (IPA), kualitas produk dan kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan konsumen terdiri dari empat bagian yaitu prioritas utama, pertahankan prestasi, prioritas rendah dan berlebihan. Prioritas utama yaitu porsi makanan, fasilitas toilet, wastafel, pengering tangan, dan cermin (sanitary kit), kebersihan dan kerapian ruangan dan tempat makan, kecepatan tanggapan pramusaji terhadap keluhan pelanggan, kecepatan penyajian makanan dan minuman, pelayanan yang diberikan sangat baik dan cepat. Pertahankan prestasi yaitu aroma makanan, keempukan makanan, kerenyahan makanan, kematangan makanan, cita rasa makanan, keamanan makanan, kebersihan makanan, nilai gizi makanan, tersedianya makanan dan minuman yang tertera pada daftar menu, keramahan dan kesopanan pelayanan, kemampuan pramusaji dalam berkomunikasi. Prioritas rendah yaitu pemilihan alat hidang, hiasan hidangan, penataan eksterior dan interior ruangan kantin, suasana kantin, pencahayaan ruangan, kemudahan proses pembayaran, kemampuan pramusaji menjelaskan menu dan berlebihan yaitu penyusunan makanan, temperature/suhu makanan, kemudahan menjangkau kantin, keterbukaan dalam menerima kritik dan saran. Nilai Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh sebesar 76.40 persen menunjukkan konsumen telah puas terhadap kinerja pihak kantin Laziz Centro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BOGA 011
Keywords: Makanan; Kantin Sekolah; Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jun 2016 06:12
Last Modified: 16 Jun 2016 06:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5819

Actions (login required)

View Item
View Item