Purba, Arbinauli (2023) Profil keterampilan mengajar guru PAUD di TK Immanuel Kids Medan Amplas. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193313018_Cover.pdf
Download (161kB)
1193313018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (939kB)
1193313018_Abstrak.pdf
Download (274kB)
1193313018_Kata_Pengantar.pdf
Download (384kB)
1193313018_Daftar_Isi.pdf
Download (321kB)
1193313018_Daftar_Tabel.pdf
Download (228kB)
1193313018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (230kB)
1193313018_BAB_I.pdf
Download (699kB)
1193313018_BAB_V.pdf
Download (435kB)
1193313018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (336kB)
Abstract
Keterampilan mengajar guru terdapat 3 keterampilan yang cukup esensi dalam pelaksanaannya, diantaranya keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan bertanya dan keterampilan memberi penguatan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan mengajar guru yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan bertanya dan keterampilan memberi penguatan di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Maret hingga 25 Mei 2023. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas di TK Immanuel Kids Medan Amplas sebanyak 3 guru, pemilihan subjek penelitian ini berdasarkan guru yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda diantaranya lulusan S1 PGPAUD, PGSMTP ( Pendidikan Guru Sekolah Menengah Tingkat Pertama) dan guru yang pendidikan terakhirnya sarjana bahasa inggris dengan gelar S.Pd. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara tidak terstruktur. Data dianalisis menggunakan analisis data Milles dan Humberman dengan tahap pengumpulan data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan oleh ketiga guru di kelas sudah muncul hal ini dapat dilihat dari, guru sudah menerapkan beberapa aspek keterampilan membuka dan menutup pelajaran namun tidak sepenuhnya. 2). Keterampilan bertanya yang dilakukan ketiga guru juga sudah muncul, hal ini terlihat ketika guru dapat mengungkapkan pertanyaan dengan jelas, memberi waktu anak berpikir dan memberi tuntutan kepada anak untuk menemukan jawaban yang benar. 3).Keterampilan memberi penguatan ketiga guru di kelas juga sudah muncul, ini terlihat ketika guru sudah menerapkan semua aspek keterampilan memberi penguatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | keterampilan mengajar; guru PAUD; keterampilan membuka dan menutup pelajaran; bertanya dan memberi penguatan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 30 May 2024 01:26 |
Last Modified: | 30 May 2024 01:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58150 |