PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ISPRING SUITE 10 PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 DI KELAS V SD SWASTA NURCAHAYA MEDAN T.A 2023/2024”

Bangun, Agung Febrian (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ISPRING SUITE 10 PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 DI KELAS V SD SWASTA NURCAHAYA MEDAN T.A 2023/2024”. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311050_Cover.pdf] Text
1193311050_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1193311050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 1193311050_Abstrak.pdf] Text
1193311050_Abstrak.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1193311050_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311050_Kata_Pengantar.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1193311050_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311050_Daftar_Isi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1193311050_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311050_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193311050_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311050_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1193311050_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311050_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193311050_BAB_I.pdf] Text
1193311050_BAB_I.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 1193311050_BAB_V.pdf] Text
1193311050_BAB_V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 1193311050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (63kB)

Abstract

Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui validasi, praktikalitas, dan keefektifan Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite 10 Pada Tema 1 Subtema 1 Di Kelas V SD Swasta Nurcahaya Medan T.A 2023/2024. Berdasarkan ahli validator dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Adapun langkah – langkah dalam penelitian ini dibatasi menjadi 6 tahapan yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli desain, ahli praktisi pendidikan dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil validasi Media Pembelajaran Interaktif, dapat dilihat pada table penilaian ketiga ahli yang diperoleh berturut-turut yaitu 95%, 88% dan 89%. Sehingga media pembelajaran interaktif layak untuk diuji coba. Berdasarkan hasil uji coba produk nilai peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif adalah 50,2% dan menjadi 82,3% setelah menggunakan media pembelajaran interaktif. Hasil peserta didik dalam menggunakan produk memiliki nilai di atas KKM yaitu 70, sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baik”. Sehingga Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite 10 Efektif Digunakan Di Kelas V SD. Berdasarkan hasil uraian di atas dapat ditarik kesimpulannya bahwa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite 10 Pada Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia, Subtema 1 Organ Gerak Hewan, Pembelajaran 1 layak digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas V SD Swasta Nurcahaya Medan T.A 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Aplikasi ISpring Suite 10, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 29 May 2024 03:21
Last Modified: 29 May 2024 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58124

Actions (login required)

View Item
View Item