Pengaruh Permainan Boy-Boyan Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Siaga Muda Kec. Percut Sei Tuan.

Nadhila, Anggun Aulia (2023) Pengaruh Permainan Boy-Boyan Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Siaga Muda Kec. Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193313030_Cover.pdf] Text
1193313030_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 1193313030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193313030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 1193313030_Abstrak.pdf] Text
1193313030_Abstrak.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 1193313030_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193313030_Kata_Pengantar.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1193313030_Daftar_Isi.pdf] Text
1193313030_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1193313030_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193313030_Daftar_Tabel.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1193313030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193313030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193313030_BAB_I.pdf] Text
1193313030_BAB_I.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 1193313030_BAB_V.pdf] Text
1193313030_BAB_V.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1193313030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193313030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan boyboyan terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Siaga Muda. Penelitian ini dilakukan di TK Siaga Muda, dengan populasi sebanyak 20 anak yang menjadikan sampel sebanyak 10 anak. Teknik pengambilan sampel
dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode penelitian One Group Pre-Test Post-Test. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Observasi diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan, data skor rata-rata pre-test 5,1
dan skor rata-rata post-test 7,6 maka selisih skor rata-rata 4,7 artinya rata-rata skor pre-test sebelum ada permainan boy-boyan lebih rendah dan setelah ada permainan boy-boyan pada siswa menjadi meningkat. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada perubahan signifikan dalam
permainan boy-boyan. Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon jumlah jenjang bertanda positif = 45 dan jumlah jenjang bertanda negative = -10 . Jadi, Jhitung = yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Apabila Jhitung dibandingkan dengan Jtabel N 10 dengan α 0,05 maka Jtabel = 8. Dari hasil analisis diatas maka dapat dikatakan bahwa Jhitung > Jtabel dimana > , dengan demikian maka hipotesis diterima. Artinya
"Ada pengaruh yang signifikan Permainan Boyboyan terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK SIAGA MUDA”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Permainan Boy-Boyan; Kemampuan Sosial Emosinal Anak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 29 May 2024 02:33
Last Modified: 29 May 2024 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58085

Actions (login required)

View Item
View Item