Nadhila, Anggun Aulia (2023) Pengaruh Permainan Boy-Boyan Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Siaga Muda Kec. Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193313030_Cover.pdf
Download (42kB)
1193313030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (309kB)
1193313030_Abstrak.pdf
Download (338kB)
1193313030_Kata_Pengantar.pdf
Download (270kB)
1193313030_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
1193313030_Daftar_Tabel.pdf
Download (174kB)
1193313030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (109kB)
1193313030_BAB_I.pdf
Download (325kB)
1193313030_BAB_V.pdf
Download (202kB)
1193313030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (139kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan boyboyan terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Siaga Muda. Penelitian ini dilakukan di TK Siaga Muda, dengan populasi sebanyak 20 anak yang menjadikan sampel sebanyak 10 anak. Teknik pengambilan sampel
dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode penelitian One Group Pre-Test Post-Test. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Observasi diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan, data skor rata-rata pre-test 5,1
dan skor rata-rata post-test 7,6 maka selisih skor rata-rata 4,7 artinya rata-rata skor pre-test sebelum ada permainan boy-boyan lebih rendah dan setelah ada permainan boy-boyan pada siswa menjadi meningkat. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada perubahan signifikan dalam
permainan boy-boyan. Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon jumlah jenjang bertanda positif = 45 dan jumlah jenjang bertanda negative = -10 . Jadi, Jhitung = yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Apabila Jhitung dibandingkan dengan Jtabel N 10 dengan α 0,05 maka Jtabel = 8. Dari hasil analisis diatas maka dapat dikatakan bahwa Jhitung > Jtabel dimana > , dengan demikian maka hipotesis diterima. Artinya
"Ada pengaruh yang signifikan Permainan Boyboyan terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK SIAGA MUDA”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Permainan Boy-Boyan; Kemampuan Sosial Emosinal Anak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 29 May 2024 02:33 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58085 |