PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME DIGITAL BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI NUMERIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 2 PEMBINA DESA SISARAHILI GAMO KECAMATAN GUNUNGSITOLI

Amalia, Fadhillah Raihan (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME DIGITAL BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI NUMERIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 2 PEMBINA DESA SISARAHILI GAMO KECAMATAN GUNUNGSITOLI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193113034_Cover.pdf] Text
1193113034_Cover.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1193113034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193113034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (780kB)
[thumbnail of 1193113034_Abstrak.pdf] Text
1193113034_Abstrak.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 1193113034_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193113034_Kata_Pengantar.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 1193113034_Daftar_Isi.pdf] Text
1193113034_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1193113034_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193113034_Daftar_Tabel.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 1193113034_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193113034_Daftar_Gambar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 1193113034_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193113034_Daftar_Lampiran.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 1193113034_BAB_I.pdf] Text
1193113034_BAB_I.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 1193113034_BAB_V.pdf] Text
1193113034_BAB_V.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1193113034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193113034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (220kB)

Abstract

Literasi numerik anak usia dini di TK Negeri 2 Pembina Sisarahili Gamo belum berkembang dengan baik dikarenakan penggunaan media yang belum sesuai. Anak usia 5-6 tahun seharusnya sudah mampu memasangkan satu benda dengan benda lainnya atau menyebut satu nama bilangan untuk setiap benda yang dihitung. Untuk itu perlu penggunaan media dalam mengembangkan literasi numerik serta memfasilitasi anak dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan keefektivan media board game digital berbasis lingkungan untuk mengembangkan literasi numerik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 2 Pembina Sisarahili Gamo Kota Gunungsitoli yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di TK Negeri 2 Pembina Sisarahiligamo. Objek penelitian ini adalah media board game digital. Sedangkan validator yang merupakan penilai media yakni ahli media, ahli materi, kepala sekolah dan guru kelompok B. hasil penelitian menunjukkan bahwa media board game digital berbasis lingkungan untuk mengembangkan litrasi numerik ini layak. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh data jumlah rata-rata skor 4,81 masuk dalam kategori “sangat baik” dan tingkat kelayakan “layak”. Hasil validasi ahli materi diperoleh data jumlah rata-rata skor 4,72 masuk dalam kategori “sangat baik” dan tingkat kelayakan “layak”. Hasil uji efektifitas media board game digital terhadap literasi numerik anak ditemukan bahwa terdapat perbedaan dimana O₂ lebihi besar dari O₁ maka media board game digital berpengaruh positif terhadap peningkatan literasi numerik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 2 Pembina Sisarahili Gamo Kota Gunungsitol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Board Game Digital, Literasi Numerik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 May 2024 08:49
Last Modified: 28 May 2024 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58078

Actions (login required)

View Item
View Item