Nurhabibah, Hilal (2016) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TABLE SET UP TERHADAP HASIL BELAJAR TABLE SET UP SISWA SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIIM 5111142001 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 5111142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3. NIM 5111142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM 5111142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 511142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM 5111142001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 5111142001 TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8. NIM 5111142001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 5111142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13. NIM 5111142001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 5111142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui hasil belajar table set up siswa dengan menggunakan media video pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. (2) Untuk mengetahui hasil belajar table set up siswa dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. (3) Untuk mengetahui perbedaan penggunaan media video dan media gambar table set up pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.
Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yaitu merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yag dikenakan pada sampel yaitu siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 42 siswa, yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas XI-3 sebanyak 20 siswa dengan menggunakan media video. Kelas XI-2 sebanyak 22 siswa dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan tes pengamatan sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian, pengumpulan data dilakukan dengan tes pengamatan yang dilakukan oleh satu orang guru bidang studi dan satu orang dosen pengamat. Dengan demikian akan terlihat bagaimana perbedaan hasil belajar siswa SMK dengan menggunakan dua media pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis uji persyaratan data, baik data hasil belajar siswa pada kelas XI-3 maupun kelas XI-2 dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas IX-3 dengan kelas XI-2, dimana skor rata-rata pada XI-3 sebesar 92,12 sedangkan skor rata-rata kelas XI-3 adalah sebesar 93,97. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayan α =0,05, dimana thitung > ttabel yaitu (-1,62 >1,684), yang berarti dalam penelitian hipotesis ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar lebih baik daripada media video terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 021 |
Keywords: | Media Vidio; Media Gambar; Set Up |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 03:54 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5806 |