Penerapan Medi Pembelajaran Visual Tiga Dimensi (SketchUp) Berbasis LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk meningkatkan Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Interior Gedung pada siswa Kelas XI Progrm keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Nasution, Wildan Azhari (2022) Penerapan Medi Pembelajaran Visual Tiga Dimensi (SketchUp) Berbasis LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk meningkatkan Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Interior Gedung pada siswa Kelas XI Progrm keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  5151111061 COVER.pdf] Text
1. NIM 5151111061 COVER.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 2.  NIM 5151111061 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5151111061 APPROVAL SHEET.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of 3. NIM 5151111061 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5151111061 ABSTRACT.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 4. NIM 5151111061 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5151111061 PREFACE.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 5. NIM 5151111061 TABLE  OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5151111061 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 6. NIM 5151111061 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5151111061 TABLES.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 7. NIM 5151111061 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5151111061 ILLUSTRATION.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 8. NIM 5151111061 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 5151111061 CHAPTER I.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of 12. NIM 5151111061 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 5151111061 CHAPTER V.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 13. NIM 5151111061 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 5151111061 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (381kB)

Abstract

Hasil belajar dan kemampuan memvisualisasikan tampilan finishing interior dalam mata pelajaran APLPIG pada siswa kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMKN 1 Percut Sei Tuan masih cenderung rendah dan belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI DPIB 2 dengan menggunakan aplikasi SketchUp dalam pembelajaran kooperatif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil pengamatan aktivitas belajar pada siklus I menunjukkan siswa dengan kriteria aktif dan sangat aktif sebesar 67,86% dan siklus II dengan 89,29%. Penilaian ketuntasan hasil belajar pada siswa yang mendapat nilai rata-rata hasil belajar kognitif dan psikomotorik melampaui KKM 77, memperoleh persentase pada siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 92,86%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan hipotesis tindakan diterima, yang dibuktikan dengan penerapan aplikasi SketchUp mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran APLPIG.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung; SketchUp
Subjects: T Technology > TH Building construction
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 May 2024 05:24
Last Modified: 28 May 2024 05:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58054

Actions (login required)

View Item
View Item