Pengembangan Media Pembelajaran Infografis dalam Media Sosial Instagram pada Materi Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme di SMA Swasta Cahaya Medan

Sihotang, Nugrah Sabam (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Infografis dalam Media Sosial Instagram pada Materi Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme di SMA Swasta Cahaya Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3193121026_Cover.pdf] Text
3193121026_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 3193121026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3193121026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 3193121026_Abstrak.pdf] Text
3193121026_Abstrak.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 3193121026_Kata_Pengantar.pdf] Text
3193121026_Kata_Pengantar.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 3193121026_Daftar_Isi.pdf] Text
3193121026_Daftar_Isi.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 3193121026_Daftar_Gambar.pdf] Text
3193121026_Daftar_Gambar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 3193121026_Daftar_Tabel.pdf] Text
3193121026_Daftar_Tabel.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 3193121026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3193121026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 3193121026_BAB_I.pdf] Text
3193121026_BAB_I.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of 3193121026_BAB_V.pdf] Text
3193121026_BAB_V.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 3193121026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3193121026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbentuk media infografis. Nantinya, media ini akan disalurkan melalui media sosial Instagram. Sehingga, siswa dapat mengakses media pembelajaran ini diluar jam pembelajaran. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan pemahaman tentang materi di dalam media pembelajaran tersebut.
Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian oleh Borg dan Gall. Produk yang dikembangkan adalah akun media sosial Instagram yang berisi materi pembelajaran sejarah, khususnya yang berkaitan dengan perang melawan imperialism dan kolonialisme di Indonesia. Subjek penelitiannya adalah validator media dan validator ahli serta siswa kelas XI IPS 2 yang bertujuan menguji kelayakan produk penelitian. Teknikpengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan angket. Angketini digunakan untuk menilai kelayakan produk.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa produk ini layak digunakan. Validator media menyatakan kelayakan produk sejak awal ditunjukkan. Sementara itu, validator materi memberikan kritik sebelum menyatakan kelayakan media. Dan, hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini layak digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Infografis; Instagram
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:13
Last Modified: 03 Jun 2024 08:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58047

Actions (login required)

View Item
View Item