Sihotang, Nugrah Sabam (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Infografis dalam Media Sosial Instagram pada Materi Perang Melawan Kolonialisme dan Imperialisme di SMA Swasta Cahaya Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3193121026_Cover.pdf
Download (64kB)
3193121026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (284kB)
3193121026_Abstrak.pdf
Download (46kB)
3193121026_Kata_Pengantar.pdf
Download (225kB)
3193121026_Daftar_Isi.pdf
Download (220kB)
3193121026_Daftar_Gambar.pdf
Download (213kB)
3193121026_Daftar_Tabel.pdf
Download (208kB)
3193121026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (131kB)
3193121026_BAB_I.pdf
Download (622kB)
3193121026_BAB_V.pdf
Download (226kB)
3193121026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (141kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbentuk media infografis. Nantinya, media ini akan disalurkan melalui media sosial Instagram. Sehingga, siswa dapat mengakses media pembelajaran ini diluar jam pembelajaran. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan pemahaman tentang materi di dalam media pembelajaran tersebut.
Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian oleh Borg dan Gall. Produk yang dikembangkan adalah akun media sosial Instagram yang berisi materi pembelajaran sejarah, khususnya yang berkaitan dengan perang melawan imperialism dan kolonialisme di Indonesia. Subjek penelitiannya adalah validator media dan validator ahli serta siswa kelas XI IPS 2 yang bertujuan menguji kelayakan produk penelitian. Teknikpengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan angket. Angketini digunakan untuk menilai kelayakan produk.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa produk ini layak digunakan. Validator media menyatakan kelayakan produk sejak awal ditunjukkan. Sementara itu, validator materi memberikan kritik sebelum menyatakan kelayakan media. Dan, hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini layak digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Infografis; Instagram |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58047 |