Pratama, Agung Yudha (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif Untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161111001 COVER.pdf
Download (117kB)
2. NIM 5161111001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (594kB)
3. NIM 5161111001 ABSTARCT.pdf
Download (119kB)
4. NIM 5161111001 PREFACE.pdf
Download (183kB)
5. NIM 5161111001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (119kB)
6. NIM 5161111001 LIST OF TABLES.pdf
Download (88kB)
7. NIM 5161111001 LIST OF IMAGES.pdf
Download (89kB)
8. NIM 5161111001 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (89kB)
9. NIM 5161111001 CHAPTER I.pdf
Download (386kB)
13. NIM 5161111001 CHAPTER V.pdf
Download (143kB)
14. NIM 5161111001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (209kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran berbasis video yang layak digunakan sebagai perencanaan guru untuk mencapai suatu pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan standart isi, (2) Mengetahui cara pengembangan media pembelajaran berbasis video interaktif gambar teknik siswa kelas X program keahlian desain permodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development(R&D). Prosedur pembuatan media ini meliputi (1) Analisis produk yang akan dikembangkan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Validasi ahli dan revisi, (4) Uji lapangan skala besar dan produk akhir, (5) menilai kualitas media yang dikembangkan. Pengembangan produk ini menggunakan Software Bandicam, Video Maker, Intro Maker. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan para ahli media, ahli materi, guru dan siswa, serta berupa data kuantitaf yang berasal dari penilaian ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Hasil Penelitian ini adalah : (1) pembuatan media pembelajaran berbasis video interaktif gambar teknik langkah-langkahnya meliputi, analisis dan menentukan kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), dan indicator, membuat perencanaan konsep video pembelajaran yang menarik, penyusunan materi pembelajaran, penilaian media melalui validasi ahli media dan ahli materi, revisi media pembelajaran, uji coba skala besar. (2) Hasil kelayakan media pembelajaran berbasis video interaktif gambar teknik sebagai berikut : penilaian dari ahli media dengan skor 4.2 dengan kategori sangat layak, ahli materi dengan skor 4.2 dengan kategori sangat layak dan uji coba skala besar mendapatkan skor 4,26 dengan kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran; gambar teknik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:34 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58021 |