Alfarisi, Salman (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Di SMKS Dwi Warna Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173351042 COVER.pdf
Download (42kB)
2. NIM. 5173351042 APPROVAL SHEET.pdf
Download (395kB)
3. NIM. 5173351042 PREFACE.pdf
Download (293kB)
4. NIM. 5173351042 ABSTRACT.pdf
Download (262kB)
5. NIM. 5173351042 TABEL OF CONTENT.pdf
Download (138kB)
6. NIM. 5173351042 TABELS.pdf
Download (179kB)
7. NIM. 5173351042 ILLUSTRATION.pdf
Download (136kB)
8. NIM. 5173351042 APPENDICES.pdf
Download (110kB)
9. NIM. 5173351042 CHAPTER I.pdf
Download (334kB)
13. NIM. 5173351042 CHAPTER V.pdf
Download (217kB)
14. NIM. 5173351042 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (294kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis adobe animate pada mata pelajaran pemrograman dasar di kelas x teknik komputer dan jaringan di smks dwi warna medan dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis adobe animate pada mata pelajaran pemrograman dasar di kelas x teknik komputer dan jaringan di smks dwi warna medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas x teknik komputer dan jaringan program keahlian pemrograman dasar di smks dwiwarna medan pada tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas x teknik komputer dan jaringan smks dwi warna medan dengan sampel kelas sebanyak 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Test dan Post – Test, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok Pre-Test dan Post – Test. Berdasarkan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis adobe animate ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai pembelajaran dengan dibuktikan dengan nilai dari ahli media 4,2 (Sangat Baik), ahli materi 4,71 (Sangat Baik) dan nilai dari akseptabilitas yaitu 4,9 (Sangat Baik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pemrograman dasar kelas x teknik komputer dan jaringan pada Post-Test yaitu 86 lebih tinggi dibandingkan dengan Pre-Test 47,6 dan pada uji. Pengujian keefektivitas terhadap media pembelajaran teruji meningkatkan hasil belajar siswa terlihat dari adanya ujia N-Gain sejumlah 0,63 yang termasuk kedalam klasifikasi “Sedang” dan dalam bentuk persen (%) yaitu 63% dikatakan “Cukup Efektif” digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran Interaktif; Adobe Animate; Pemrograman dasar |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA3150 Information services. Information centers Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:17 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58010 |