Nurjannah, Siti (2023) Analisis Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Mengembangkan Soft Skill Mahasiswa Sebagai Calon Guru Profesional (Studi Kasus Di Jurusan PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan). Undergraduate thesis, UNIMED.
3192411026_Cover.pdf
Download (46kB)
3192411026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (190kB)
3192411026_Abstrak.pdf
Download (125kB)
3192411026_Kata_Pengantar.pdf
Download (385kB)
3192411026_Daftar_Isi.pdf
Download (85kB)
3192411026_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
3192411026_Daftar_Tabel.pdf
Download (56kB)
3192411026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (102kB)
3192411026_BAB_I.pdf
Download (495kB)
3192411026_BAB_V.pdf
Download (134kB)
3192411026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (242kB)
Abstract
Kemendikbud yang tujuan utama bagi mahasiswa adalah meningkatkan soft skill di masa yang serba IPTEK ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengetahuan mahasiswa Jurusan PPKn UNIMED yang telah mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap program Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka itu sendiri, 2) menganalisis pemahaman mahasiswa Jurusan PPKn UNIMED yang telah mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap relevansi antara program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan pengembangan soft skill sebagai calon guru professional, 3) kendala yang dihadapi mahasiswa PPKn dalam mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Salah satu program dari kebijakan Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Program tersebut merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan dalam memilih informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Jurusan PPKn UNIMED yang telah mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap program Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka itu sendiri mengetahui bahwa program ini dapat meningkatkan soft skill serta pengalaman. Analisis pengetahuan mahasiswa Jurusan PPKn yang mengikuti program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) terhadap relevansinya dengan pengembangan soft skill sebagai calon guru profesional dikategorikan dapat meningkatkan soft skill sebagai calon guru profesional serta menunjang karir mereka kedepan sebagai lulus profil dari jurusan PPKn dan tentunya sebagai lulusan guru PPKn terutama pada program Kampus Mengajar. Berbagai kendala yang di hadapi yaitu pengkonversian nilai keterlambatan biaya akomodasi, website yang sering error hingga mahasiswa kesulitan mendapatkan akses berita terbaru, serta faktor eksternal lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | MBKM, Pengembangan Soft Skill, Guru Profesional |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 07:55 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57994 |