Wati, Sari Rahmah (2023) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas XI – PSPTV 2 Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3192111003_Cover.pdf
Download (48kB)
3192111003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (541kB)
3192111003_Abstrak.pdf
Download (162kB)
3192111003_Kata_Pengantar.pdf
Download (261kB)
3192111003_Daftar_Isi.pdf
Download (271kB)
3192111003_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
3192111003_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
3192111003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
3192111003_BAB_I.pdf
Download (434kB)
3192111003_BAB_VI.pdf
Download (275kB)
3192111003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (275kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kreativitas siswa yang dikembangkan dalam Profil Pelajar Pancasila. Problematika pembelajaran Kurang minatnya siswa dalam pembelajaran PPKn hingga saat ini terlihat sekolah membutuhkan penyesuaian dalam kegiatan pembelajaran dengan lingkungan sekolah. Efek dari Kurang minatnya siswa dalam pembelajaran PPKn membuat siswa acuh terhhadap pembelajaramn padahal dapat membuat siswa lebih kreatif dalam berfikir maupun berkreativitas termasuk dalam pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila yang mengakibatkan menurunnya keseriusan siswa alam pengimplementasian. Profil Pelajar Pancasila merupakan sebuah pendekatan pembelajaran melalui kegiatan kreativitas dengan tujuan utama mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila untuk membangun karakter dan kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah melalui tahapan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data hingga sampai pada proses penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan kegiatan Profil Pancasila di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan secara umum telah berdampak kepada meningkatkan karakter dan meningatkan kreativitas siswa, hal ini terbukti dengan keberhasilan sekolah tersebut atas program kegiatan yang telah dilaksanakan untuk menempatkan siswanya untuk melakukan suatu kegiatan yang mengarah pada kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif yang dilakukan langsung dengan praktik di lapangan, seperti broadcasting, praktik presenter, membuat video pembelajaran dengan mengupload ke Media Sosial dan proses diskusi di kelas siswa dilatih untuk bekerjasama dengan sesama teman dan rekan kerjanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kreativitas Siswa; Pembelajaran PPKn; Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 07:52 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57982 |