Tamba, Bangun (2022) Pengembangan Mobile Learning Multimedia Berbasis Android Pada Materi Prosedur Mengoperasikan Kamera Video. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5173151013 COVER.pdf
Download (131kB)
2. 5173151013 APPROVAL SHEET.pdf
Download (486kB)
3. 5173151013 ABSTRACT.pdf
Download (197kB)
4. 5173151013 PREFACE.pdf
Download (241kB)
5. 5173151013 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (157kB)
6. 5173151013 TABLES.pdf
Download (125kB)
7. 5173151013 ILLUSTRATION.pdf
Download (125kB)
8. 5173151013 APPENDICES.pdf
Download (129kB)
9. 5173151013 CHAPTER I.pdf
Download (352kB)
13. 5173151013 CHAPTER V.pdf
Download (141kB)
14. 5173151013 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (216kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keefektivitasan Mobile Learning Multimedia Berbasis Android Pada Materi Prosedur Mengoperasikan Kamera Video. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan pengguna yang bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang sudah dibuat serta menguji keefektivitasannya dalam proses pembelajaran. Hasil validitas pengembangan media ini masuk kedalam kategori Sangat Layak dilihat dari hasil uji validasi materi yang dilakukan oleh 2 orang validator mendapat rata-rata skor sebesar 4,43 dengan ketegori “Sangat Layak” dan untuk validasi media yang dilakukan oleh 2 orang validator mendapat rata-rata skor sebesar 4,36 dengan kategoru “Sangat Layak”. Dan untuk uji akseptabilitas pengguna memperoleh skor sebesar 4,55 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji efektivitas pengggunaan Mobile Learning Multimedia Berbasis Android lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android, dimana hasil perbandingan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 77,75 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,75. Dan diperoleh nilai ttabel = 1,688, dengan derajat kepercayaan sebesar 0,05. Karena thitung (2,420) > ttabel (1,688) , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dimana dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pada kelas ekperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mobile Learning; Multimedia; Android; ADDIE |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4150 Computer network resources |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 May 2024 03:25 |
Last Modified: | 28 May 2024 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57974 |