Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Tkj Smk Swasta Mandiri Al-Washliyah Silangkitang

Husnah, Dalilati (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Tkj Smk Swasta Mandiri Al-Washliyah Silangkitang. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5173151015 COVER.pdf] Text
1. 5173151015 COVER.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 2. 5173151015 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. 5173151015 APPROVAL SHEET.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 3. 5173151015 PREFACE.pdf] Text
3. 5173151015 PREFACE.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 4. 5173151015 ABSTRACT.pdf] Text
4. 5173151015 ABSTRACT.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 5. 5173151015 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. 5173151015 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 6. 5173151015 TABLES.pdf] Text
6. 5173151015 TABLES.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 7. 5173151015 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. 5173151015 ILLUSTRATION.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 8. 5173151015 APPENDICES.pdf] Text
8. 5173151015 APPENDICES.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 9. 5173151015 CHAPTER I.pdf] Text
9. 5173151015 CHAPTER I.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 13. 5173151015 CHAPTER V.pdf] Text
13. 5173151015 CHAPTER V.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of 14. 5173151015 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. 5173151015 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan performa media pembelajaran serta mengetahui tingkat kelayakan pada media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Android menggunakan Articulate Storyline pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X TKJ SMK Swasta Mandiri Al-Washliyah Silangkitang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Waterfall. Instrumen yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan juga pengguna. Dengan tujuan untuk menguji kualitas dari media pembelajaran tersebut. Angket divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media, kemudian angket diisi oleh pengguna yaitu sebanyak 20 orang siswa kelas X TKJ SMK Swasta Mandiri Al-Washliyah Silangkitang untuk menghitung nilai akseptabilitas dari media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran bahwa hasil penilaian ahli materi sebesar 4,53 dengan kategori “sangat layak”, hal ini menunjukan bahwa materi pada media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Android tersebut sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk materi pada kompetensi dasar 3.2 dan 3.3 pada mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X. Berdasarkan hasil penilaian ahli media sebesar 4,74 termasuk kategori “sangat layak”. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan tingkat akseptansi siswa sebanyak 20 siswa diperoleh hasil nilai sebesar 4,5 dengan katogori tingkat akseptansi “Sangat Tinggi” yang artinya media dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Beradarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Android sangat layak digunakan pada mata Pemrograman Dasar Kelas X TKJ SMK Swasta Mandiri Al-Washliyah Silangkitang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; Kelayakan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 May 2024 02:29
Last Modified: 28 May 2024 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57954

Actions (login required)

View Item
View Item