Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Tema 7 di Kelas V SD Negeri 106804

Ulfa, Alzani (2023) Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Tema 7 di Kelas V SD Negeri 106804. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411019_Cover.pdf] Text
1192411019_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1192411019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of 1192411019_Abstrak.pdf] Text
1192411019_Abstrak.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1192411019_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411019_Kata_Pengantar.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 1192411019_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411019_Daftar_Isi.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1192411019_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411019_Daftar_Gambar.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 1192411019_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411019_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1192411019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1192411019_BAB_I.pdf] Text
1192411019_BAB_I.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 1192411019_BAB_V.pdf] Text
1192411019_BAB_V.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar e-book interaktif berbasis problem based learning pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas V SDN 106804 Percut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap (define, design, development, disseminate). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-B SD Negeri 106804 Percut yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara, angket validasi bahan ajar dan materi, angket praktisi pendidikan, angket respon siswa, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan produk bahan ajar yang dinilai oleh ahli bahan ajar memperoleh persentase sebesar 80% dan termasuk dalam kategori “Layak”. Sedangkan ahli materi memberikan persentase sebesar 97% dan termasuk kategori dalam “Sangat Layak”. (2) kepraktisan produk bahan ajar yang dinilai oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase sebesar 92% dan termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. (3) keefektifan produk bahan ajar dinilai dari hasil pre-test dan post-test yang dilakukan siswa serta dari hasil angket respon siswa. Dari hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata 38,75. Sedangkan post-test memperoleh nilai rata-rata 86, dan hasil angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 89,9% termasuk dalam kategori “Sangat Efektif”. Berdasarkan data yang ditemukan menunjukkan bahwa bahan ajar e-book interaktif berbasis problem based learning pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas V SDN 106804 Percut sudah layak, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar; E-Book; Problem Based Learning; Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 May 2024 02:24
Last Modified: 28 May 2024 02:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57946

Actions (login required)

View Item
View Item