Pengembangan Bahan Ajar Tema Integritas Akademik dalam Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2022/2023

Febriyanti, Aliyah (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tema Integritas Akademik dalam Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193151034_Cover.pdf] Text
1193151034_Cover.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 1193151034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193151034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of 1193151034_Abstrak.pdf] Text
1193151034_Abstrak.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1193151034_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193151034_Kata_Pengantar.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 1193151034_Daftar_Isi.pdf] Text
1193151034_Daftar_Isi.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1193151034_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193151034_Daftar_Gambar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1193151034_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193151034_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1193151034_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193151034_Daftar_Lampiran.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1193151034_BAB_I.pdf] Text
1193151034_BAB_I.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 1193151034_BAB_V.pdf] Text
1193151034_BAB_V.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1193151034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193151034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model
4-D (Define, Design, Development, Dissemination). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli bahasa, ahli desain grafis, guru bimbingan dan konseling dan siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 33 orang.
Objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar tema integritas akademik. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu angket wawancara, angket validasi materi, angket validasi bahasa, angket validasi desain grafis, angket
kepraktisan dan angket keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kevalidan bahan ajar tema integritas akademik berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain grafis memperoleh persentase rata-rata sebesar 90,5 %, 100% dan 88,88% dengan kategori sangar valid. 2) kepraktisan bahan ajar tema integritas akademik berdasarkan penilaian oleh dua guru bimbingan dan konseling memperoleh hasil masing-masing 100% dengan kategori sangat praktis. 3)
keefektifan bahan ajar tema integritas akademik berdasarkan penilaian oleh dua guru bimbingan dan konseling memperoleh hasil masing-masing 96,4% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian pengembanan bahan ajar tema
integritas akademik dapat dikatakan valid, praktis dan efektif digunakan untuk pemberian layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar; Integritas Akademik; Bimbingan Konseling; 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 May 2024 02:10
Last Modified: 28 May 2024 02:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57940

Actions (login required)

View Item
View Item