Febriyanti, Aliyah (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tema Integritas Akademik dalam Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193151034_Cover.pdf
Download (95kB)
1193151034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (526kB)
1193151034_Abstrak.pdf
Download (60kB)
1193151034_Kata_Pengantar.pdf
Download (283kB)
1193151034_Daftar_Isi.pdf
Download (205kB)
1193151034_Daftar_Gambar.pdf
Download (83kB)
1193151034_Daftar_Tabel.pdf
Download (86kB)
1193151034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (85kB)
1193151034_BAB_I.pdf
Download (417kB)
1193151034_BAB_V.pdf
Download (185kB)
1193151034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (236kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model
4-D (Define, Design, Development, Dissemination). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli bahasa, ahli desain grafis, guru bimbingan dan konseling dan siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 33 orang.
Objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar tema integritas akademik. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu angket wawancara, angket validasi materi, angket validasi bahasa, angket validasi desain grafis, angket
kepraktisan dan angket keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kevalidan bahan ajar tema integritas akademik berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain grafis memperoleh persentase rata-rata sebesar 90,5 %, 100% dan 88,88% dengan kategori sangar valid. 2) kepraktisan bahan ajar tema integritas akademik berdasarkan penilaian oleh dua guru bimbingan dan konseling memperoleh hasil masing-masing 100% dengan kategori sangat praktis. 3)
keefektifan bahan ajar tema integritas akademik berdasarkan penilaian oleh dua guru bimbingan dan konseling memperoleh hasil masing-masing 96,4% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian pengembanan bahan ajar tema
integritas akademik dapat dikatakan valid, praktis dan efektif digunakan untuk pemberian layanan bimbingan dan konseling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar; Integritas Akademik; Bimbingan Konseling; 4D |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 28 May 2024 02:10 |
Last Modified: | 28 May 2024 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57940 |