Husna, Hayatul (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Math) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Siklus Air Kelas V SDN 067251 Medan Deli. Masters thesis, UNIMED.
8216181008_Cover.pdf
Download (536kB)
8216181008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (499kB)
8216181008_Abstrak.pdf
Download (347kB)
8216181008_Kata_Pengantar.pdf
Download (206kB)
8216181008_Daftar_Isi.pdf
Download (286kB)
8216181008_Daftar_Tabel.pdf
Download (389kB)
8216181008_Daftar_Gambar.pdf
Download (252kB)
8216181008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (83kB)
8216181008_BAB_I.pdf
Download (575kB)
8216181008_BAB_V.pdf
Download (537kB)
8216181008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (537kB)
Abstract
Abad 21 menuntut siswa untuk mempunyai berbagai keterampilan, salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis agar siswa lebih tanggap dalam menganalisis, memecahkan dan menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan LKPD STEM untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada materi siklus air kelas V SDN 067251 Medan Deli. Penelitian ini menggunakan pendekaan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Science Technology Engineering Mathematics (STEM) sangat layak di gunakan, berdasarkan uji kelayakan produk LKPD yang dikembangkan dari ketiga ahli yaitu ahli, materi dan bahasa.Dengan masing-masing skor 84,37%, 94% dan 91,42% dengan kategori sangat layak. LKPD berbasis Science Technology Engineering Mathematics (STEM) sangat efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SDN 067251, berdasarkan uji keefektifan didapat skor 88,75% dengan kategori sangat efektif, dan respon siswa terhadap LKPD berbasis STEM mendapatkan hasil skor rata-rata 3,33 dengan kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Hus p |
Keywords: | LKPD, STEM, Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 07:58 |
Last Modified: | 27 May 2024 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57902 |