Purba, Ongky Alfandy (2022) Hubungan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5163121021-COVER.pdf
Download (48kB)
2. NIM 5163121021-APPROVAL SHEET.pdf
Download (412kB)
3. NIM 5163121021-ABSTRACT.pdf
Download (63kB)
4. NIM 5163121021-PREFACE.pdf
Download (134kB)
5. NIM 5163121021-TABLE OF CONTENT.pdf
Download (88kB)
6. NIM 5163121021-TABLES.pdf
Download (34kB)
7. NIM 5163121021-ILLUSTRATION.pdf
Download (33kB)
8.. NIM 5163121021-APPENDICES.pdf
Download (35kB)
9. NIM 5163121021-CHAPTER I.pdf
Download (465kB)
13. NIM 5163121021-CHAPTER V.pdf
Download (127kB)
14 NIM 5163121021-BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (221kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa, (2) hubungan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) hubungan antara kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Medan sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi nilai hasil belajar. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,488>0,235) dan nilai signifikasi 0,000<0,05; (2) terdapat hubungan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,490>0,235) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan (3) hubungan antara kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0,594>0,235, dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kepercayaan diri; kemandirian belajar; prestasi belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2024 07:08 |
Last Modified: | 27 May 2024 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57887 |