Aritonang, Frans Dedy (2022) Persepsi Sekolah Dan Industri Dan Dunia Kerja Terhadap Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Siswa Jurusan Teknik Pemesinaan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5173321022- COVER.pdf
Download (64kB)
2. NIM 5173321022-APPROVAL SHEET.pdf
Download (573kB)
3. NIM 5173321022-ABSTRACT.pdf
Download (143kB)
4. NIM 5173321022-PREFACE SHEET.pdf
Download (210kB)
5. NIM 5173321022-TABLE OFCONTENT.pdf
Download (168kB)
6. NIM 5173321022-TABLE S.pdf
Download (61kB)
7. NIM 5173321022-ILLUSTRATION.pdf
Download (60kB)
8. NIM 5173321022-APPENDICES.pdf
Download (112kB)
9. NIM 5173321022-CHAPTER I.pdf
Download (402kB)
13. NIM 5173321022-CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
14. NIM 5173321022-BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (169kB)
Abstract
Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) telah terlaksana sebagai mana mestinya. Namun, masih terdapat nilai PKL siswa hanya sebatas tuntas dan juga peserta pelaksanaan PKL tidak sesuai dengan program kemampuan teknik pemesinan terhadap penempatan atau posisi pekerjaan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa, guru pembimbing, pembimbing industri dan dunia kerja (IDUKA) terhadap pelaksanaan PKL kelas XII Program studi Teknik Pemesinaan di SMK Negeri 5 Medan sebagai bahan evaluasi pelaksanaan PKL tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis mengenai apa yang menjadi tujuan penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa dari populasi 68 siswa, cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Kerjcie Morgan (Isaac dan Michael) dengan tingkat kesalahan = 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan teknik skala likert. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas konstruk, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbanch. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap kinerja siswa 35% kategori tinggi, persepsi siswa terhadap kinerja guru pembimbing 50 % kategori tinggi, persepsi siswa terhadap kinerja pembimbing IDUKA 37 % tinggi, persepsi siswa terhadap manfaat PKL 42 tinggi, persepsi siswa terhadap kesiapan administrasi 60 % tinggi, persepsi guru terhadap kesiapan program 60%, persepsi guru terhadap monitoring 40% tinggi, persepsi terhadap evaluasi 40% tinggi, persepsi Instruktur IDUKA terhadap kinerja siswa PKL 33 % tinggi, persepsi Instruktur IDUKA terhadap kinerja guru 33% tinggi, persepsi Instruktur IDUKA terhadap manfaat pelaksanaan PKL 42 % tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sekolah; Industri Dunia Kerja; Praktek Kerja Lapangan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2024 06:56 |
Last Modified: | 27 May 2024 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57884 |