Yanti, Indri Erfi (2023) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan Soft skill Siswa Di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3192411024_Cover.pdf
Download (222kB)
3192411024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (324kB)
3192411024_Abstrak.pdf
Download (350kB)
3192411024_Kata_Pengantar.pdf
Download (475kB)
3192411024_Daftar_Isi.pdf
Download (460kB)
3192411024_Daftar_Gambar.pdf
Download (363kB)
3192411024_Daftar_Tabel.pdf
Download (251kB)
3192411024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (249kB)
3192411024_BAB_I.pdf
Download (749kB)
3192411024_BAB_V.pdf
Download (357kB)
3192411024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (520kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui soft skill siswa yang dikembangkan dalam pelaksanaan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Problematika pembelajaran jarak jauh masih dirasakan hingga saat ini terlihat sekolah membutuhkan penyesuaian dalam kegiatan pembelajaran dengan lingkungan sekolah. Efek dari dilaksanaknnya pembelajaran jarak jauh yang didominasi tidak terlepas dari pengaruh google untuk memudahkan siswa mengerjakan segala tugas tanpa membuat siswa berpikir kritis termasuk dalam pembelajaran berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengakibatkan menurunnya keseriusan siswa dalam pengimplementasian . P5 merupakan sebuah pendekatan pembelajaran melalui kegiatan proyek dengan tujuan utama mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila untuk membangun karakter dan soft skill peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah melalui tahapan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data hingga sampai pada proses penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pancasila di SMP N.1 Percut Sei Tuan secara umum telah berdampak kepada pengembangan karakter dan pengembangan soft skill siswa, hal ini terbukti dengan keberhasilan sekolah tersebut atas program kegiatan yang telah dilaksanakan untuk menempatkan siswanya untuk melakukan suatu kegiatan yang mengarah pada kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif yang dilakukan langsung dengan praktik di lapangan, seperti pemilihan ketua OSIS, praktik wirausaha dengan mengolah hasil laut dan proses diskusi di kelas siswa dilatih untuk bekerjasama dengan sesama teman dan rekan kerjanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kurikulum Merdeka, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Soft skill |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 07:31 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57881 |