Febyarvita, Emma (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113142015 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 5113142015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
3. NIM. 5113142015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM. 5113142015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM. 5113142015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 5113142015 TABLES.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7. NIM. 5113142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 5113142015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
9. NIM. 5113142015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. NIM. 5113142015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM. 5113142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pengetahuan bahan makanan siswa di SMK Negeri 8 Medan yang tidak menggunakan media pembelajaran macromedia flash player, untuk mengetahui hasil belajar pengetahuan bahan makanan siswa di SMK Negeri 8 Medan yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash player, untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash player terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 8 Medan pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan. Lokasi penelitian di SMK Negeri 8 Medan dengan jumlah populasi sebanyak 216 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling, maka diperoleh kelas X Boga 1 dengan 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan X Boga 2 dengan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk menjaring data hasil belajar pengetahuan bahan makanan. Teknik analisis data secara deskriptif. Uji persyaratan yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada kelompok kontrol dengan 36 responden terdapat skor tertinggi 80 dan skor terendah 30, dengan rata – rata 56.98dan Sd = 11,9. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dengan 36 responden terdapat skor tertinggi 90 dan skor terendah 47, dengan rata – rata 77,52 dan Sd = 10,8. Hasil Uji Normalitas data dilakukan dengan uji liliefors pada taraf signifikansi 5%. Diperoleh Lo < Lt pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar kelompok kontrol adalah berdistribusi normal dimana (0.0010) < (0.1477), dan sebaran data hasil belajar kelompok eksperimen adalah juga berdistribusi normal dimana (0.1032)< (0.1477). Untuk mengetahui data homogen digunakan uji-f sehingga diperoleh nilai 1.22) < (1.98). Maka dapat disimpulkan kedua kelompok penelitian homogen. Untuk melihat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash player terhadap hasil belajar pengetahuan bahan makanan digunakan uji-t hasilnya diperoleh untuk kedua kelompok penelitian adalah 7.551 sedangkan harga adalah 1.67 pada taraf signifikansi . dengan demikian harga > yakni 7.551 > 1.67, artinya terdapat pengaruh media pembelajaran macromedia flash player terhadap hasil belajar pengetahuan bahan makanan siswa SMK Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 017 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Macromedia Flash Player; Bahan Makanan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 07:40 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5787 |