Pengaruh Penambahan Limbah Baja (Steel Slag) Pada Pekerjaan Stabilisasi Limbah Pelabuhan Terkontaminasi Logam Berat Untuk Menghasilkan Material Baru Aman Lingkungan Pada Konstruksi Jalan Raya (Studi Kasus Pelabuhan Belawan)

Situmorang, Arnold Hamonangan (2022) Pengaruh Penambahan Limbah Baja (Steel Slag) Pada Pekerjaan Stabilisasi Limbah Pelabuhan Terkontaminasi Logam Berat Untuk Menghasilkan Material Baru Aman Lingkungan Pada Konstruksi Jalan Raya (Studi Kasus Pelabuhan Belawan). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5173550013 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5173550013 COVER.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5173550013 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5173550013 APPROVAL SHEET.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5173550013 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5173550013 ABSTRACT.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5173550013 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5173550013 PREFACE.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5173550013 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5173550013 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5173550013 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5173550013 TABLES.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5173550013 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5173550013 ILLUSTRATION.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5173550013 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5173550013 APPENDICES.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5173550013 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5173550013 CHAPTER I.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5173550013 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5173550013 CHAPTER V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5173550013 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5173550013 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penambahan terak baja (steel slag) pada pekerjaan stabilisasi terhadap limbah sedimen Pelabuhan Belawan hasil pengerukan sehingga dapat digunakan dalam pekerjaan konstruksi jalan raya (subgrade). Penelitian dibagi menjadi 5 sampel, di antaranya S1 (sedimen), S2 (sedimen + semen 4% + kapur 4%), S3 (sedimen + semen 4% + kapur 4% + steel slag 4%), S4 (semen 4% + kapur 4% + steel slag 6%), dan S5 (semen 4% + kapur 4% + steel slag 8%). Tahap awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengidentifikasi karakteristik fisik dan kimia dari sedimen hasil pekerjaan pengerukan. Tahap berikutnya yang direalisasikan adalah menganalisis reaksi yang dimunculkan dari bahan penelitian apabila sedimen dicampur dengan bahan pengikat steel slag. Hasil nilai pengujian performa fisik menunjukkan pada hari ke-60 nilai S1 (0,38 MPa), S2 (0,91 MPa), S3 (1,35 MPa), S4 (1,56 MPa), dan S5 (1,53 MPa). Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sampel dapat digunakan dalam pembangunan jalan persyaratan nilai daya tekan di atas 1 MPa dapat dipenuhi oleh sampel. Hasil TCLP, sedimen Pelabuhan Belawan dapat dikategorikan sebagai limbah berbahaya dengan kadar Copper (Cu) dan Cadmium (Cd) yang cukup tinggi. Dari hasil pengujian TCLP Sedimen Steel Slag, terdapat nilai penurunan pada Seng (Zn) (12,63%), Tembaga (Cu) (19,23%), dan Selenium (Se) (23,81%), Kadmium (Cd) (11,11%), Merkuri (Hg) (25%), dan Kromium (Cr) (12,37%). Sedangkan untuk tingkat kenaikan terjadi pada Timbal (Pb) (3,41%), Kobalt (Co) (16,67%), dan Arsenik (Ar) (45,10%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Terak Baja; Sedimen Hasil Pengerukan; TCLP; Karakteristik Fisik; Karakteristik Kimia
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 May 2024 04:33
Last Modified: 27 May 2024 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57841

Actions (login required)

View Item
View Item