Situmorang, Arnold Hamonangan (2022) Pengaruh Penambahan Limbah Baja (Steel Slag) Pada Pekerjaan Stabilisasi Limbah Pelabuhan Terkontaminasi Logam Berat Untuk Menghasilkan Material Baru Aman Lingkungan Pada Konstruksi Jalan Raya (Studi Kasus Pelabuhan Belawan). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173550013 COVER.pdf
Download (42kB)
2. NIM. 5173550013 APPROVAL SHEET.pdf
Download (457kB)
3. NIM. 5173550013 ABSTRACT.pdf
Download (111kB)
4. NIM. 5173550013 PREFACE.pdf
Download (59kB)
5. NIM. 5173550013 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (81kB)
6. NIM. 5173550013 TABLES.pdf
Download (70kB)
7. NIM. 5173550013 ILLUSTRATION.pdf
Download (72kB)
8. NIM. 5173550013 APPENDICES.pdf
Download (8kB)
9. NIM. 5173550013 CHAPTER I.pdf
Download (82kB)
13. NIM. 5173550013 CHAPTER V.pdf
Download (13kB)
14. NIM. 5173550013 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (143kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penambahan terak baja (steel slag) pada pekerjaan stabilisasi terhadap limbah sedimen Pelabuhan Belawan hasil pengerukan sehingga dapat digunakan dalam pekerjaan konstruksi jalan raya (subgrade). Penelitian dibagi menjadi 5 sampel, di antaranya S1 (sedimen), S2 (sedimen + semen 4% + kapur 4%), S3 (sedimen + semen 4% + kapur 4% + steel slag 4%), S4 (semen 4% + kapur 4% + steel slag 6%), dan S5 (semen 4% + kapur 4% + steel slag 8%). Tahap awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengidentifikasi karakteristik fisik dan kimia dari sedimen hasil pekerjaan pengerukan. Tahap berikutnya yang direalisasikan adalah menganalisis reaksi yang dimunculkan dari bahan penelitian apabila sedimen dicampur dengan bahan pengikat steel slag. Hasil nilai pengujian performa fisik menunjukkan pada hari ke-60 nilai S1 (0,38 MPa), S2 (0,91 MPa), S3 (1,35 MPa), S4 (1,56 MPa), dan S5 (1,53 MPa). Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sampel dapat digunakan dalam pembangunan jalan persyaratan nilai daya tekan di atas 1 MPa dapat dipenuhi oleh sampel. Hasil TCLP, sedimen Pelabuhan Belawan dapat dikategorikan sebagai limbah berbahaya dengan kadar Copper (Cu) dan Cadmium (Cd) yang cukup tinggi. Dari hasil pengujian TCLP Sedimen Steel Slag, terdapat nilai penurunan pada Seng (Zn) (12,63%), Tembaga (Cu) (19,23%), dan Selenium (Se) (23,81%), Kadmium (Cd) (11,11%), Merkuri (Hg) (25%), dan Kromium (Cr) (12,37%). Sedangkan untuk tingkat kenaikan terjadi pada Timbal (Pb) (3,41%), Kobalt (Co) (16,67%), dan Arsenik (Ar) (45,10%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Terak Baja; Sedimen Hasil Pengerukan; TCLP; Karakteristik Fisik; Karakteristik Kimia |
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2024 04:33 |
Last Modified: | 27 May 2024 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57841 |