Fitri, Diana (2023) Pengembangan Buku Elektronik Interaktif Berbasis Project Based Learning Untuk Memotivasi dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kimia Kelas XI SMA Semester Genap. Masters thesis, UNIMED.
8216142002_Cover.pdf
Download (414kB)
8216142002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (791kB)
8216142002_Abstrak.pdf
Download (353kB)
8216142002_Kata_Pengantar.pdf
Download (346kB)
8216142002_Daftar_Isi.pdf
Download (271kB)
8216142002_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
8216142002_Daftar_Gambar.pdf
Download (212kB)
8216142002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (213kB)
8216142002_BAB_I.pdf
Download (677kB)
8216142002_BAB_V.pdf
Download (243kB)
8216142002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (619kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil analisis kebutuhan dan analisis kelayakan buku ajar kimia SMA yang digunakan disekolah dalam rangka mengembangkan Buku Elektronik Interaktif Berbasis Project Based Learning yang dikembangkan sesuai standar BSNP dan PjBL, (2) tingkat kelayakan Buku Elektronik Interaktif Berbasis Project Based Learning, (3) hasil belajar siswa setelah menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbasis Project Based Learning, (4) peningkatan hasil belajar siswa, (5) tingkat motivasi belajar siswa, (6) keterampilan kinerja siswa pada saat mengerjakan proyek, dan (7) respon siswa terhadap penggunaan Buku Elektronik Interaktif Berbasis Project Based Learning yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Siabu. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1. Instrument penelitian terdiri dari Angket analisis kebutuhan, angket kelayakan BSNP dan PjBL yang telah dimodifikasi, instrument tes hasil belajar berupa soal pilihan berganda dianalisi dengan uji one sample t-test dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α = 0,05), angket motivasi belajar siswa, lembar observasi keterampilan kinerja siswa dan angket respon siswa terhadap penggunaan Buku Elektronik Interaktif Berbasis Project Based Learning. Hasil analisis kebutuhan dan analisis kelayakan buku ajar kimia SMA adalah dengan menambahkan proyek-proyek pada buku dan menyusun buku sesuai sintaks project based learning, membuat buku elektronik seinteraktif mungkin serta beberapa perbaikan yang sesuai dengan hasil analisis. Tingkat kelayakan Buku Elektronik Interaktif Berbasis Project Based Learning yang dikembangkan diperoleh rata-rata nilai 4,41 oleh ahli materi dengan kategori sangat layak tanpa perlu direvisi dan 4,81 oleh ahli media dengan kategori sangat layak tanpa perlu direvisi. Hasil belajar kimia siswa lebih tinggi dari KKM menggunakan uji One Sample T-Test dimana diperoleh nilai sig. 0,001 < 0,05 dan thitung > ttabel (7,074 > 1,714) pada proses pembelajaran menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbasis Project Based Learning. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Motivasi belajar siswa mendapat nilai rata-rata angket motivasi sebesar 85,2% dengan kategori sangat termotivasi. Keterampilan kinerja siswa pada saat pembuatan proyek mendapat nilai rata-rata 85,1% dengan kategori sangat baik. Peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap Buku Elektronik Interaktif Berbasis Project Based Learning yang dikembangkan sebesar 85,7% maka Buku Elektronik Interaktif Berbasis Project Based Learning yang dikembangkan dapat digunakan sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran kimia di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Fit p |
Keywords: | Buku Elektronik Interaktif, Project Based Learning, hasil belajar, motivasi belajar siswa, keterampilan kinerja, respon siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 04:31 |
Last Modified: | 27 May 2024 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57837 |