AN ANALYSIS ON BIOLOGY EDUCATION STUDENTS’ MISCONCEPTIONS ON CIRCULATORY AND RESPIRATORY SYSTEM IN FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES STATE UNIVERSITY OF MEDAN

Syahriani (2016) AN ANALYSIS ON BIOLOGY EDUCATION STUDENTS’ MISCONCEPTIONS ON CIRCULATORY AND RESPIRATORY SYSTEM IN FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES STATE UNIVERSITY OF MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa calaon guru pada sistem peredaran dan pernapasan dengan menggunakan tes diagnostik dan wawancaran. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang aktif pada tahun ajaran 2014/2015. Tes diagnostik adalah tes pilihan ganda yang dimodifikasi dengan menambahkan tingkat keyakinan jawaban mahasiswa yang digunakan untuk menyelidiki dan mengidentifikasi miskonsepsi pada mahasiswa pendidikan biologi mengenai sistem peredaran dan sistem pernapasan. Skor tertinggi pada tiap soal test diagnostik adalah +3 dan skor terendah dalah -1. Berdasarkan hasil jawaban tes diagostik, mahasiswa akan dikelompokkan menjadi kelompok atas, kelompok sedang dan kelompok rendah. Kemudian dua perwakilan mahasiswa dari setiap kelompok diwawancara. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa sebanyak 68.81 % mahasiswa mengalami miskonsepsi tendang sistem peredaran dan sistem respirasi. Mahasiswa mengalami miskonsepsi hampir pada setiap konsep sistem peredaran dan sistem pernapasan. Namun miskonsepsi yang paling banyak dapat ditemukan pada konsep proses peredaran darah, pembuluh darah, perdaran pada invertebrata, respirasi pada vertebrata dan proses respirasi manusia. Hasil analisis wawancara mengungkapkan bahwa miskonsepsi tersebut berasal dari mahasiswa sendiri, metode mengajar, dan buku pegangan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 573.107 11 Sya a
Keywords: Misconceptions; Circulatory system; Respiratory system
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Jun 2016 07:26
Last Modified: 15 Jun 2016 07:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5783

Actions (login required)

View Item
View Item