Syahriani (2016) AN ANALYSIS ON BIOLOGY EDUCATION STUDENTS’ MISCONCEPTIONS ON CIRCULATORY AND RESPIRATORY SYSTEM IN FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES STATE UNIVERSITY OF MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa calaon guru pada sistem peredaran dan pernapasan dengan menggunakan tes diagnostik dan wawancaran. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang aktif pada tahun ajaran 2014/2015. Tes diagnostik adalah tes pilihan ganda yang dimodifikasi dengan menambahkan tingkat keyakinan jawaban mahasiswa yang digunakan untuk menyelidiki dan mengidentifikasi miskonsepsi pada mahasiswa pendidikan biologi mengenai sistem peredaran dan sistem pernapasan. Skor tertinggi pada tiap soal test diagnostik adalah +3 dan skor terendah dalah -1. Berdasarkan hasil jawaban tes diagostik, mahasiswa akan dikelompokkan menjadi kelompok atas, kelompok sedang dan kelompok rendah. Kemudian dua perwakilan mahasiswa dari setiap kelompok diwawancara. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa sebanyak 68.81 % mahasiswa mengalami miskonsepsi tendang sistem peredaran dan sistem respirasi. Mahasiswa mengalami miskonsepsi hampir pada setiap konsep sistem peredaran dan sistem pernapasan. Namun miskonsepsi yang paling banyak dapat ditemukan pada konsep proses peredaran darah, pembuluh darah, perdaran pada invertebrata, respirasi pada vertebrata dan proses respirasi manusia. Hasil analisis wawancara mengungkapkan bahwa miskonsepsi tersebut berasal dari mahasiswa sendiri, metode mengajar, dan buku pegangan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.107 11 Sya a |
Keywords: | Misconceptions; Circulatory system; Respiratory system |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 07:26 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5783 |