Mendrofa, Verry Sisca (2023) Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3192431022_Cover.pdf
Download (44kB)
3192431022_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (1MB)
3192431022_Abstrak.pdf
Download (33kB)
3192431022_Kata_Pengantar.pdf
Download (179kB)
3192431022_Daftar_Isi.pdf
Download (33kB)
3192431022_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
3192431022_Daftar_Tabel.pdf
Download (59kB)
3192431022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
3192431022_BAB_I.pdf
Download (526kB)
3192431022_BAB_VI.pdf
Download (84kB)
3192431022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (313kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan pada tanggal 24 Juli sampai 28 Agustus 2023. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2020-2022 dan sampel penelitian ditetapkan 40% dari masing-masing angkatan sesuai jalur masuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket melalui google form serta observasi langsung pada akun media sosial responden, kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara keseluruhan kemampuan literasi digital mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi tergolong baik dengan perolehan skor rata-rata (70,58) dan persentase skor (63,58%). (2) Jika dilihat menurut aspeknya, maka aspek pengetahuan tergolong baik dengan skor rata-rata (8,39) dan persentase skor (64,58%), aspek sikap tergolong sangat baik dengan skor rata-rata (42,83) dan persentase skor (85,67%), namun aspek keterampilan tergolong kurang dengan skor rata-rata (19,35) dan persentase skor (40,31%). (3) Kemampuan literasi digital laki-laki dengan nilai rata-rata (70,71) dan persentase skor (63,71%) ternyata lebih tinggi namun tidak berbeda jauh dibandingkan dengan perempuan yang memiliki nilai rata-rata (70,51) dan persentase skor (63,52%). (4) Sebagian besar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi tidak terlalu aktif dalam menggunakan media sosial (84,06%) dan unggahan pada akunnya lebih pada konten pribadi (30,57%) dibandingkan konten karya (4,26%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Sosial; Literasi Digital; Kompetensi Mahasiswa |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 05:12 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57811 |