Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Tema 6 Subtema 2 Perubahan Energi Kelas III SD Negeri 101788 Marindal

Panjaitan, Agnes Clarissa (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Tema 6 Subtema 2 Perubahan Energi Kelas III SD Negeri 101788 Marindal. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191111032_Cover.pdf] Text
1191111032_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 1191111032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of 1191111032_Abstrak.pdf] Text
1191111032_Abstrak.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 1191111032_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111032_Kata_Pengantar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1191111032_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111032_Daftar_Isi.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 1191111032_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111032_Daftar_Gambar.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 1191111032_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111032_Daftar_Tabel.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 1191111032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 1191111032_BAB_I.pdf] Text
1191111032_BAB_I.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 1191111032_BAB_V.pdf] Text
1191111032_BAB_V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1191111032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media interaktif yang dikembangkan berbasis aplikasi Lectora Inspire . Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III dan objek penelitian ini adalah media interaktif berbasis aplikasi Lectora Inspire. Hasil validasi materi pada media interaktif oleh Ahli Materi tahap I sebelum revisi memperoleh persentase 60% Kategori “Cukup Valid” kemudian pada tahap II
memperoleh persentase 92% kategori “sangat valid” dan hasil validasi oleh Ahli Media pada tahap I sebelum direvisi memperoleh hasil persentase 51% kategori “Cukup Valid” kemudian pada tahap II memperoleh hasil persentase 96% kategori “Sangat Valid”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase 89% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas media melalui pre-test
memperoleh rata-rata 59,7 dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” sedangkan pada post-test memperoleh rata-rata 84,8 dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan merupakan sangat layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Interaktif; Lectora Inspire
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 27 May 2024 02:21
Last Modified: 27 May 2024 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57786

Actions (login required)

View Item
View Item