Pengembangan Media Untuk Pembelajaran Mandiri Materi Mitigasi Bencana Menggunakan Articulate Storyline.

Sari, Novi Aulia (2023) Pengembangan Media Untuk Pembelajaran Mandiri Materi Mitigasi Bencana Menggunakan Articulate Storyline. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3191131006_Cover.pdf] Text
3191131006_Cover.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 3191131006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3191131006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 3191131006_Abstrak.pdf] Text
3191131006_Abstrak.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 3191131006_Kata_Pengantar.pdf] Text
3191131006_Kata_Pengantar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 3191131006_Daftar_Isi.pdf] Text
3191131006_Daftar_Isi.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 3191131006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3191131006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 3191131006_BAB_I.pdf] Text
3191131006_BAB_I.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 3191131006_BAB_VI.pdf] Text
3191131006_BAB_VI.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 3191131006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3191131006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (337kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kelayakan media untuk pembelajaran mandiri menggunakan articulate storyline pada materi mitigasi bencana kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Medan, (2) Respon siswa terhadap media untuk pembelajaran mandiri menggunakan articulate storyline pada materi mitigasi bencana kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan, Kelurahan Pulo Brayan Kota Kecamatan Medan Barat Kota Medan pada bulan Juli-Agustus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Medan yang berjumlah 36 orang dengan metode penelitian pengembangan dan model pengembangan adalah 4D (Define, Design, Development, Disseminate) serta teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelayakan materi pada media pembelajaran oleh ahli materi 1 mendapatkan validasi sebesar 4,25 yaitu sangat layak. Kelayakan materi pada media pembelajaran oleh ahli materi 2 mendapatkan validasi sebesar 4,45 yaitu sangat layak. Kelayakan media pembelajaran oleh ahli media 1 mendapatkan validasi sebesar 4,45 yaitu sangat layak. Kelayakan media pembelajaran oleh ahli media 2 mendapatkan validasi sebesar 4,50 yaitu sangat layak. (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran dengan uji coba lapangan skala kecil dan skala besar, dimana pada uji skala besar memperoleh nilai 4,06 yaitu akseptansi tinggi dan uji coba skala besar memperoleh nilai 4,54 yaitu akseptansi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media; Pembelajaran Mandiri; Mitigasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 30 May 2024 09:26
Last Modified: 30 May 2024 09:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57780

Actions (login required)

View Item
View Item