LUMBAN GAOL, WISNA AYU KRISTINA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 1 TAHUN AJARAN 2022/2023 SMA SWASTA METHODIST LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193341024_Cover.pdf
Download (84kB)
7193341024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (577kB)
7193341024_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7193341024_Abstrak.pdf
Download (205kB)
7193341024_Daftar_Isi.pdf
Download (351kB)
7193341024_Daftar_Tabel.pdf
Download (179kB)
7193341024_Daftar_Gambar.pdf
Download (175kB)
7193341024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (176kB)
7193341024_BAB_I.pdf
Download (258kB)
7193341024_BAB_V.pdf
Download (117kB)
7193341024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (206kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran ekonomi yang bertujuan untuk mengetahui : 1) Tahapan pengembangan media video pembelajaran sebagai pembelajaran ekonomi; 2) Kelayakan video sebagai media pembelajaran; 3) Keefektifan media video dalam uji coba lapangan; 4) Peningkatan motivasi belajar siswa pada materi Otoritas Jasa Keuangan kelas X IPS 1 SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Resarch and Development). Desain penelitian ADDIE dikembangkan Dick and Carey untuk pembelajaran. Subjek berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kuisioner kelayakan untuk ahli materi, ahli desain dan praktisi pendidikan. Kuisioner praktikalitas untuk mengetahui kepraktisan media video serta kuisioner angket motivasi belajar untuk mengetahui keefektifan media video.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Tahapan peneltian meliputi RnD: a)analisis; b)desain; c)pengembangan; d)implementasi; dan e)evaluasi. 2) Hasil kelayakan media berdasarkan penilaian ahli materi mendapat skor sebesar 84% dengan kategori sangat layak dan penilaian ahli desain mendapat skor sebesar 75% dengan kategori layak. Hasil kelayakan media berdasarkan penilaian dari praktisi pendidikan mendapat skor sebesar 92% dengan kategori sangat layak. 3) Perolehan hasil penerapan media berbasis video pembelajaran ekonomi pada materi Otoritas Jasa Keuangan memperoleh skor sebesar 85% dengan kategori sangat praktis. 4)Hasil evaluasi motivasi belajar memperoleh skor sebesar 86% sehingga menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar serta pemahaman peserta didik dan disimpulkan bahwa media video dikatakan sangat efektif digunakan dikelas X IPS 1 SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Video, Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 Jun 2024 04:34 |
Last Modified: | 01 Jun 2024 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57760 |