PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PENGELOLAAN ADONAN RAGI DI SMK PANCA BUDI 2 MEDAN

Simatupang, City Berliani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PENGELOLAAN ADONAN RAGI DI SMK PANCA BUDI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5103342004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5103342004 COVER.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5103342004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5103342004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5103342004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5103342004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5103342004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5103342004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5103342004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5103342004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5103342004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5103342004 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5103342004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5103342004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5103342004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5103342004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5103342004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5103342004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5103342004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5103342004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5103342004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5103342004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Materi Pengelolaan Adonan Ragi. 2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Pengelolaan Adonan Ragi. 3) Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Pengelolaan Adonan Ragi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Panca Budi 2 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara teknik random sampling (acak) sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan tes objektif sebanyak 50 butir soal. Sebelumnya tes ini ada 50 butir soal, akan tetapi setelah diujicobakan pada kelas lain diluar sampel penelitian untuk melihat hasil tes, terdapat 50 butir soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan Reliabilitas soal sebesar 0,99. Pada saat melakukan penelitian dikelas yang menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Model Pembelajaran Konvensional dari 30 siswa kelas XI1 dan 30 siswa dari kelas XI2 . Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data pre tes dan post tes dari kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Hasil uji kecenderungan dari variabel yang menggunakan tutor sebaya sebesar 96,7 % berada dalam kategori cenderung tinggi, sedangkan untuk variabel yang tidak menggunakan tutor sebaya sebesar 73,3 berada dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian tes kognitif pada materi Pengelolaan Adonan Ragi hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dengan diperoleh nilai t_(hitung )> t_(tabel ) yaitu t_(hitung )= 5,05 > 1,69, sehingga penelitian hipotesis H_(a )diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar prakarya materi Pengelolaan Adonan Ragi diperoleh hasil sebagai berikut : t_(hitung )> t_(tabel ) (5,05 > 1,69) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis tersebut diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BOGA 019
Keywords: Penggunaan Model Pembelajaran; Tutor Sebaya; Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:26
Last Modified: 15 Jun 2016 06:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5776

Actions (login required)

View Item
View Item