PENGARUH SELF REGULATED LEARNING, SELF CONFIDENCE DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIMED STAMBUK 2020

ANGGRIANI, VIVI (2023) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING, SELF CONFIDENCE DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIMED STAMBUK 2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7163143036_Cover.pdf] Text
7163143036_Cover.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 7163143036_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7163143036_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 7163143036_Kata_Pengantar.pdf] Text
7163143036_Kata_Pengantar.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 7163143036_Abstrak.pdf] Text
7163143036_Abstrak.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 7163143036_Daftar_Isi.pdf] Text
7163143036_Daftar_Isi.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 7163143036_Daftar_Tabel.pdf] Text
7163143036_Daftar_Tabel.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 7163143036_Daftar_Gambar.pdf] Text
7163143036_Daftar_Gambar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 7163143036_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7163143036_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 7163143036_BAB_I.pdf] Text
7163143036_BAB_I.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of 7163143036_BAB_V.pdf] Text
7163143036_BAB_V.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 7163143036_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7163143036_Daftar_Pustaka.pdf

Download (465kB)

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Beberapa faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah self regulated learning, self confidence,dan adversity quotient. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Self Regulated Learning, Self Confidence dan Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi UNIMED Stambuk 2020.
Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang berjumlah 63 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling karena populasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 75 butir pernyataan. Sementara teknik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil regresi linear berganda adalah Y= 1,289 + 0,016(X1) + 0,01(X2) + 0,17 (X3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Self Regulated Learning (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar. Pada variabel Self Confidence (X2) hasilnya ialah tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Self Confidence dengan Prestasi Belajar. Untuk variabel Adversity Quotient ternyata berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar.
Secara simultan variabel Self Regulated Learning, Self Confidence, dan Adversity Quotient terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Variabel bebas dalam penelitian inimempunyai kontribusi sebesar 61,9% terhadap Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Self Regulated Learning, Self Confidence, Adversity Quotient, Prestasi Belajar.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 May 2024 03:04
Last Modified: 30 May 2024 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57752

Actions (login required)

View Item
View Item