ANGGRIANI, VIVI (2023) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING, SELF CONFIDENCE DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIMED STAMBUK 2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7163143036_Cover.pdf
Download (202kB)
7163143036_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (201kB)
7163143036_Kata_Pengantar.pdf
Download (344kB)
7163143036_Abstrak.pdf
Download (207kB)
7163143036_Daftar_Isi.pdf
Download (386kB)
7163143036_Daftar_Tabel.pdf
Download (208kB)
7163143036_Daftar_Gambar.pdf
Download (175kB)
7163143036_Daftar_Lampiran.pdf
Download (175kB)
7163143036_BAB_I.pdf
Download (701kB)
7163143036_BAB_V.pdf
Download (350kB)
7163143036_Daftar_Pustaka.pdf
Download (465kB)
Abstract
Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Beberapa faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah self regulated learning, self confidence,dan adversity quotient. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Self Regulated Learning, Self Confidence dan Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi UNIMED Stambuk 2020.
Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang berjumlah 63 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling karena populasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 75 butir pernyataan. Sementara teknik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil regresi linear berganda adalah Y= 1,289 + 0,016(X1) + 0,01(X2) + 0,17 (X3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Self Regulated Learning (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar. Pada variabel Self Confidence (X2) hasilnya ialah tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Self Confidence dengan Prestasi Belajar. Untuk variabel Adversity Quotient ternyata berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar.
Secara simultan variabel Self Regulated Learning, Self Confidence, dan Adversity Quotient terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Variabel bebas dalam penelitian inimempunyai kontribusi sebesar 61,9% terhadap Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Self Regulated Learning, Self Confidence, Adversity Quotient, Prestasi Belajar. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 May 2024 03:04 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57752 |