PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMAS BINTANG TIMUR 1 BALIGE

TAMBUNAN, TAMARA GERALDINE (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMAS BINTANG TIMUR 1 BALIGE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193141014_Cover.pdf] Text
7193141014_Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 7193141014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193141014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 7193141014_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193141014_Kata_Pengantar.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 7193141014_Abstrak.pdf] Text
7193141014_Abstrak.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 7193141014_Daftar_Isi.pdf] Text
7193141014_Daftar_Isi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 7193141014_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193141014_Daftar_Tabel.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 7193141014_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193141014_Daftar_Gambar.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 7193141014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193141014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 7193141014_BAB_I.pdf] Text
7193141014_BAB_I.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 7193141014_BAB_V.pdf] Text
7193141014_BAB_V.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 7193141014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193141014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (346kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya Minat Belajar Siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMAS Bintang Timur 1 Balige. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige yang beralamat di Jalan Pastor Sybrandus Van Rossum, Sangkar Nihuta, Balige. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel dimana besaran sampel sebanyak 80 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket/kuesioner dan dokumentasi. Uji instrument penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis yang terdiri dari dari uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persamaan regresi Y = 49,789 – 0,136 X1 - 0,021 X2. (2) Secara parsial terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara penggunaan media sosial terhadap minat belajar siswa Kelas XI SMAS Bintang Timur 1 Balige dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel (-19,051 > 1,66488). (3) Secara parsial terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara penggunaan game online terhadap minat belajar Siswa Kelas XI SMAS Bintang Timur 1 Balige dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan thitung > ttabel (-3,427 > 1,66488). (4) Secara simultan penggunaan media sosial dan game online berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa Kelas XI SMAS Bintang Timur 1 Balige dengan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) dan Fhitung > Ftabel (75,890 > 3,12). (5) Kontribusi penggunaan media sosial (X1) dan game online (X2) terhadap minat belajar siswa Kelas XI SMAS Bintang Timur 1 Balige (Y) adalah sebesar 66,3%. Sedangkan sisanya sebesar 33,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara penggunaan media sosial dan game online terhadap minat belajar siswa baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Sosial, Game Online, Minat Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 29 May 2024 02:14
Last Modified: 29 May 2024 02:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57738

Actions (login required)

View Item
View Item