Agusti, Lastrie Dian (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR ANATOMI DAN FISIOLOGI KULIT SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5113344016 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
02. NIM 5113344016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
03. NIM 5113344016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
04. NIM 5113344016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
05. NIM 5113344016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
06. NIM 5113344016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
07. NIM 5113344016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
08. NIM 5113344016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
09. NIM 5113344016 BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM 5113344016 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM 5113344016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar anatomi dan fisiologi kulit dengan model pembelajaran peta konsep. Dengan menggunakan model pembelajaran peta konsep, hasil belajar Anatomi dan Fisiologi kulit akan memperoleh hasil lebih baik di bandingkan dengan metode konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 8 Medan yang terletak di jalan Dr. Mansyur Medan. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas yang berjumlah 68 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi ekperimen (quasi experimental design), yaitu Kelas X Tata kecantikan Rambut sebagai kelas A diberi perlakuan model konvensional dan kelas X Tata Kecantikan Kulit (34 orang) sebagai kelas B diberi perlakuan model pembelajaran Peta Konsep,sehingga jumlah keseluruhan sampel 68 orang. Untuk teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan uji instrument tes berupa multiple choice dan essay yang berjumlah 60 soal dimana sebelum instrument soal diujikan, terlebih dahulu diuji cobakan kepada sekolah yang berbeda untuk mengukur tingkat validitas, tingkat reabilitas tes, indeks kesukaran daya pembeda soal. Untuk analisi data digunakan uji normalitas, homogenitas dan untuk menguji hipotesis digunakan uji-t dengan taraf α = 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar anatomi dan fisiologi dengan menggunakan model pembelajaran peta konsep cenderung tinggi karena memperoleh hasil 17 orang (50%) berada pada kategori tinggi dan 17 orang (50%) berada pada kategori cukup. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka disimpulkan bahwa data hasil belajar siswa berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel dan homogen dimana Fhitung< Ftabel. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,45pada α = 0,05 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung>ttabel atau 4,46 > 1,669. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar anatomi dan fisiologi kulit yang diajarkan dengan model pembelajaran Peta Konsep lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar anatomi dan fisiologi kulit yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 RIAS 033 |
Keywords: | Model Pembelajaran Peta Konsep; Model Konvensional;Anatomi dan Fisiologi kulit. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 01:12 |
Last Modified: | 15 Jun 2016 01:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5770 |