PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN DI SEKOLAHPERCONTOHAN SDN107415 TANJUNG SARI KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG

Indawati PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN DI SEKOLAHPERCONTOHAN SDN107415 TANJUNG SARI KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG. -.

[thumbnail of Penerapan fungsi manajemen di sekolah.pdf]
Preview
Text
Penerapan fungsi manajemen di sekolah.pdf - Published Version

Download (795kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan penilaian) pada sekolah percontohan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 107415 Tanjung Sari Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Teknik sampel yang digunakan yaitu snow ball technique. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dan peneliti merupakan instrumen utama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi. Untuk memperkuat kesahihan data hasil temuan dan keotentikan penelitian, diperhatikan krebilitas, keteralihan, dipercaya dan dapat dikonfirmasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan fungsi perencanaan di SD Negeri No. 107415 Tanjung Sari berjalan baik, 2). penerapan fungsi pengorganisasian didukung manajemen sekolah, 3). penerapan fungsi pengawasan ditujukan sebagai proses pemantauan pada kesiapan guru mempersiapakan silabus dan RPP di awal semester, 4). penerapan fungsi evaluasi atau penilaian melalui kegiatan sistem evaluasi dengan membuat laporan. Temuan proses evaluasi ini sejalan dengan prinsip akuntabilitas yang dikembangkan MBS

Item Type: Article
Keywords: Penerapan; Manajemen; Sekolah Percontohan; Sekolah Efektif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:17
Last Modified: 29 Mar 2016 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item
View Item