Ningrum, Widya (2023) Strategi Pemerintah Desa Dalam Menerapkan Prinsip Good Governance Pada Pelayanan Masyarakat Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu. Undergraduate thesis, UNIMED.
3193311021_Cover.pdf
Download (223kB)
3193311021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (736kB)
3193311021_Abstrak.pdf
Download (305kB)
3193311021_Kata_Pengantar.pdf
Download (390kB)
3193311021_Daftar_Isi.pdf
Download (242kB)
3193311021_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
3193311021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
3193311021_BAB_I.pdf
Download (522kB)
3193311021_BAB_V.pdf
Download (329kB)
3193311021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (247kB)
Abstract
Pemerintah desa merupakan organisasi pemerintah yang bertanggungjawab dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Setiap desa tentunya memiliki keunggulan untuk dikembangkan menjadi lebih maju, sehingga peran pemerintah desa sebagai pemberi pelayanan kepada mayarakat sangat penting. Diperlukan strategi khusus dalam memberikan pelayanan yang baik. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi pemerintah desa dalam menerapkan prinsip good governance pada pelayanan masyarakat Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu. Fenomena diatas dikaji melalui strategi pemerintah Desa, prinsip Good Governance dan tujuan yang ingin dicapai. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, serta observasi. Data sekunder diperoleh melalui buku, jurnal, artikel yang relevan dengan topik kajian yang diteliti. Dalam penelitian ini, menggunakan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemerintah Desa Tuntungan II sudah menggunakan strategi agar terwujudnya kelima prinsip good governance. Strategi yang digunakan Pemerintah Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu dalam menerapkan prinsip good governance yaitu strategi inti, strategi konsekuensi, strategi pelanggan, strategi pengawasan dan strategi budaya. Startegi Inti, Pemerintah Desa mewujudkan visi dan misi Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu sejalan dalam pelaksanaan dan tugas dan tanggung jawab sehingga visi dan misi Desa dapat tercapai, Strategi Konsekuensi, Pemerintah Desa berusaha melayani dengan baik sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur), Strategi Pelanggan, kesunguhan Pemerintah Desa Tuntungan II dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan Pemerintah Desa juga mengadakan rapat, Strategi Pengawasan, Kepala Desa selalu mengawasi dan memberikan arahan sebagai Aparatur Pemerintah Desa harus melayani sesuai dengan kebutuhan dan Strategi Budaya, Pemerintah Desa melakukan pendekatan sosial terhadap budaya kerja apartur Desa yang mana terbaik. Dalam hal ini strategi Pemerintah Desa dalam menerapkan prinsip good governance pada pelayanan masyarakat di Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu belum berjalan dengan maksimal. Ada bagian-bagian strategi yang sudah dilaksanakan dengan baik, namun tidak dipungkiri bahwa ada strategi yang mampu dilaksanakan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pemerintahan; Desa; Pemerintah Desa; Good Governance; Pelayanan Publik |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service J Political Science > JS Local government. Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 24 May 2024 18:36 |
Last Modified: | 24 May 2024 18:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57688 |