BR GURUSINGA, SHINTA ATMA DEWI (2023) PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN INFLUENCER SOSIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS ANGKATAN 2020 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192443013_Cover.pdf
Download (75kB)
7192443013_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (313kB)
7192443013_Kata_Pengantar.pdf
Download (154kB)
7192443013_Abstrak.pdf
Download (68kB)
7192443013_Daftar_Isi.pdf
Download (159kB)
7192443013_Daftar_Tabel.pdf
Download (126kB)
7192443013_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
7192443013_Daftar_Lampiran.PDF
Download (53kB)
7192443013_BAB_I.pdf
Download (545kB)
7192443013_BAB_V.pdf
Download (176kB)
7192443013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (133kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah anggaran mahasiswa yang sering habis sebelum akhir bulan, membeli produk atau jasa karena mengagumi influencer favorit mahasiswa, dan mahasiswa menunjukkan rasa sulit menabung atau berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kelompok Teman Sebaya Dan Influencer Sosial Media Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Bisnis Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, dengan subjek penelitian Mahasiswa Pendidikan Bisnis Angkatan 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah 63 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 90 pernyataan dengan skala likert 4 poin.
Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Y = 26.860+0.545X1+0.624X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai thitung sebesar 2.922>2.000 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0.005<0.05. Influencer sosial media juga berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai thitung sebesar 3.429>2.000 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0.001<0.05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 32.8%, sedangkan sisanya 67.2% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kelompok Teman Sebaya, Influencer Sosial Media, Perilaku Konsumtif Mahasiswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 May 2024 01:09 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57651 |