PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN INFLUENCER SOSIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS ANGKATAN 2020 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

BR GURUSINGA, SHINTA ATMA DEWI (2023) PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN INFLUENCER SOSIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS ANGKATAN 2020 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192443013_Cover.pdf] Text
7192443013_Cover.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 7192443013_Lembar_Pengesahan.PDF] Text
7192443013_Lembar_Pengesahan.PDF

Download (313kB)
[thumbnail of 7192443013_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192443013_Kata_Pengantar.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 7192443013_Abstrak.pdf] Text
7192443013_Abstrak.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 7192443013_Daftar_Isi.pdf] Text
7192443013_Daftar_Isi.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 7192443013_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192443013_Daftar_Tabel.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 7192443013_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192443013_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 7192443013_Daftar_Lampiran.PDF] Text
7192443013_Daftar_Lampiran.PDF

Download (53kB)
[thumbnail of 7192443013_BAB_I.pdf] Text
7192443013_BAB_I.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 7192443013_BAB_V.pdf] Text
7192443013_BAB_V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 7192443013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192443013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah anggaran mahasiswa yang sering habis sebelum akhir bulan, membeli produk atau jasa karena mengagumi influencer favorit mahasiswa, dan mahasiswa menunjukkan rasa sulit menabung atau berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kelompok Teman Sebaya Dan Influencer Sosial Media Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Bisnis Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, dengan subjek penelitian Mahasiswa Pendidikan Bisnis Angkatan 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah 63 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 90 pernyataan dengan skala likert 4 poin.
Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Y = 26.860+0.545X1+0.624X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai thitung sebesar 2.922>2.000 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0.005<0.05. Influencer sosial media juga berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai thitung sebesar 3.429>2.000 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0.001<0.05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 32.8%, sedangkan sisanya 67.2% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kelompok Teman Sebaya, Influencer Sosial Media, Perilaku Konsumtif Mahasiswa
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 28 May 2024 01:09
Last Modified: 28 May 2024 01:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57651

Actions (login required)

View Item
View Item