Br. SInurat, Agita (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TERHADAP SELFESTEEM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1192151002_Cover.pdf
Download (51kB)
1192151002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (344kB)
1192151002_Abstrak.pdf
Download (243kB)
1192151002_Kata_Pengantar.pdf
Download (216kB)
1192151002_Daftar_Isi.pdf
Download (214kB)
1192151002_Daftar_Tabel.pdf
Download (109kB)
1192151002_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
1192151002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1192151002_BAB_I.pdf
Download (427kB)
1192151002_BAB_V.pdf
Download (235kB)
1192151002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (89kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terhadap self-esteem siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabanjahe. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabanjahe yang memiliki self-esteem yang rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen selfesteem yang berjumlah 31 butir item pernyataan yang valid dan reliabel. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Data dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terhadap self-esteem siswa. Data hasil perthitungan skor rata-rata pre-test pada kelompok eksperimen sebesar 57,75 sedangkan skor rata-rata post-test diperoleh sebesar 97,37. Hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh
= 12 sedangkan = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk N = 8, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima apabila > dimana 12 > 4, yang artinya hipotesis dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terhadap self-esteem siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Self-Esteem |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 08:45 |
Last Modified: | 22 May 2024 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57616 |