Napitupulu, Talenta (2022) Keefektifan Siswa Dalam Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Dengan Menggunakan Media Software Circuit Simulator. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM.5181131009 COVER.pdf
Download (150kB)
2 NIM.5181131009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (268kB)
3 NIM.5181131009 ABSTRACT.pdf
Download (81kB)
4 NIM.5181131009 PREFACE.pdf
Download (325kB)
5 NIM.5181131009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (69kB)
6 NIM.5181131009 TABLES.pdf
Download (52kB)
7 NIM.5181131009 ILLUSTRATION.pdf
Download (42kB)
8 NIM.5181131009 APPENDICES.pdf
Download (42kB)
9 NIM.5181131009 CHAPTER I.pdf
Download (273kB)
13 NIM.5181131009 CHAPTER V.pdf
Download (106kB)
14 NIM.5181131009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (97kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signitifikan pada aspek kongnitif hasil belajar dan perbedaan keefektifan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media circuit simulator dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media power point pada siswa kelas XI Teknik Intsalasi Penerangan Listrik (TITL) SMK Swasta Imelda Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Intsalasi Penerangan Listrik SMK Swasta Imelda Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Intsalasi Penerangan Listrik (TITL) SMK Swasta Imelda Medan yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 22 orang. Dimana kelas XI-1 Sebagai Kelas Eksperimen yang berjumlah 11 orang dan kelas XI-2 Sebagai kelas kontrol yang berjumlah 11 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek kognitif hasil belajar dengan menggunakan Media Circuit simulator dibanding pembelajaran dengan menggunakan media power point. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Circuit simulator = 82,18 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan media belajar Power point = 70. Dengan menguji data kelas penelitian diperoleh dari dua kelas yaitu ��i���g sebesar 12,18 sedangkan nilai ������ yang diperoleh sebesar 1,72. Dengan demikian nilai ��i���g> ������. (2) Pembelajaran instalasi penerangan listrik dengan menggunakan media circuit simulator lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran power point. hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata persentasi aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan circuit simulator yaitu sebanyak 77,48% siswa yang aktif dalam pembelajaran Instalasi Penerangan listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Software Circuit Simulator; power point; Instalasi Penerangan listrik |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 May 2024 07:27 |
Last Modified: | 22 May 2024 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57593 |