Lestari, Sri Anugerah (2023) Implementasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Metode Outing Class Pada Era New Normal di Kelas XI IPS Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UNIMED.
3193121011_Cover.pdf
Download (47kB)
3193121011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (427kB)
3193121011_Abstrak.pdf
Download (131kB)
3193121011_Kata_Pengantar.pdf
Download (476kB)
3193121011_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
3193121011_Daftar_Gambar.pdf
Download (174kB)
3193121011_Daftar_Tabel.pdf
Download (173kB)
3193121011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (148kB)
3193121011_BAB_I.pdf
Download (411kB)
3193121011_BAB_V.pdf
Download (263kB)
3193121011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (301kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis metode Outing Class pada era New Normal, 2) implementasi pembelajaran sejarah berbasis metode Outing Class pada era New Normal dan 3) evaluasi pembelajaran sejarah berbasis metode Outing Class pada era New Normal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini guru mata pelajaran Sejarah Indonesia dan seluruh peserta didik kelas XI IPS Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan pembelajaran dilakukan dengan cukup baik, guru mampu menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai standar bidang studi Sejarah kelas XI IPS, guru juga mampu menyiapkan proposal Outing Class guna untuk mendapatkan izin pelaksanaan. 2) pembelajaran dilakukan dengan mengimplementasikan metode belajar Outing Class dan memanfaatkan Museum daerah sebagai media pembelajarannya, pada tahap pelaksanaan ditemui beberapa kendala, namun dapat diatasi oleh guru dengan baik. 3) evaluasi pembelajaran dilakukan lewat perolehan hasil belajar peserta didik selama pembelajaran Outing Class menunjukkan hasil yang sangat baik, hal ini dilihat dari terdapatnya perbedaan nilai hasil belajar di dalam dengan di luar kelas. Dimana hasil belajar di dalam kelas diperoleh nilai 88,25 sedangkan saat belajar di luar kelas diperoleh nilai 94 dan jika dilihat dari nilai rata - rata kelas secara keseluruhan diperoleh nilai 93 yang mana termasuk kedalam kategori predikat A. Serta lewat hasil penilaian sikap terlihat bahwa masalah menurunnya motivasi, semangat belajar dan munculnya rasa bosan dapat teratasi ketika pembelajaran dilaksanakan dengan metode Outing Class, sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Sejarah; Outing Class; New Normal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 24 May 2024 17:48 |
Last Modified: | 24 May 2024 17:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57587 |