Implementasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Metode Outing Class Pada Era New Normal di Kelas XI IPS Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara

Lestari, Sri Anugerah (2023) Implementasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Metode Outing Class Pada Era New Normal di Kelas XI IPS Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3193121011_Cover.pdf] Text
3193121011_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 3193121011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3193121011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 3193121011_Abstrak.pdf] Text
3193121011_Abstrak.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 3193121011_Kata_Pengantar.pdf] Text
3193121011_Kata_Pengantar.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 3193121011_Daftar_Isi.pdf] Text
3193121011_Daftar_Isi.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 3193121011_Daftar_Gambar.pdf] Text
3193121011_Daftar_Gambar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 3193121011_Daftar_Tabel.pdf] Text
3193121011_Daftar_Tabel.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 3193121011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3193121011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 3193121011_BAB_I.pdf] Text
3193121011_BAB_I.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 3193121011_BAB_V.pdf] Text
3193121011_BAB_V.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 3193121011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3193121011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis metode Outing Class pada era New Normal, 2) implementasi pembelajaran sejarah berbasis metode Outing Class pada era New Normal dan 3) evaluasi pembelajaran sejarah berbasis metode Outing Class pada era New Normal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini guru mata pelajaran Sejarah Indonesia dan seluruh peserta didik kelas XI IPS Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan pembelajaran dilakukan dengan cukup baik, guru mampu menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai standar bidang studi Sejarah kelas XI IPS, guru juga mampu menyiapkan proposal Outing Class guna untuk mendapatkan izin pelaksanaan. 2) pembelajaran dilakukan dengan mengimplementasikan metode belajar Outing Class dan memanfaatkan Museum daerah sebagai media pembelajarannya, pada tahap pelaksanaan ditemui beberapa kendala, namun dapat diatasi oleh guru dengan baik. 3) evaluasi pembelajaran dilakukan lewat perolehan hasil belajar peserta didik selama pembelajaran Outing Class menunjukkan hasil yang sangat baik, hal ini dilihat dari terdapatnya perbedaan nilai hasil belajar di dalam dengan di luar kelas. Dimana hasil belajar di dalam kelas diperoleh nilai 88,25 sedangkan saat belajar di luar kelas diperoleh nilai 94 dan jika dilihat dari nilai rata - rata kelas secara keseluruhan diperoleh nilai 93 yang mana termasuk kedalam kategori predikat A. Serta lewat hasil penilaian sikap terlihat bahwa masalah menurunnya motivasi, semangat belajar dan munculnya rasa bosan dapat teratasi ketika pembelajaran dilaksanakan dengan metode Outing Class, sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Sejarah; Outing Class; New Normal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 24 May 2024 17:48
Last Modified: 24 May 2024 17:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57587

Actions (login required)

View Item
View Item