PENGEMBANGAN E-MODUL FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 10 MEDAN

Yonatan Simbolon NIM 4183141062, Yonatan (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4183141062_Cover.pdf] Text
4183141062_Cover.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4183141062_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183141062_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 4183141062_Abstrak.pdf] Text
4183141062_Abstrak.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 4183141062_Abstrak.pdf] Text
4183141062_Abstrak.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 4183141062_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183141062_Kata_Pengantar.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4183141062_Daftar_Isi.pdf] Text
4183141062_Daftar_Isi.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 4183141062_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183141062_Daftar_Gambar.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 4183141062_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183141062_Daftar_Tabel.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 4183141062_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183141062_Daftar_Lampiran.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 4183141062_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183141062_Daftar_Lampiran.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 4183141062_BAB_I.pdf] Text
4183141062_BAB_I.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 4183141062_BAB_V.pdf] Text
4183141062_BAB_V.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul berbasis Problem Based Learning dengan bantuan aplikasi flip PDF professional yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Sehingga berguna untuk siswa dalam meningkatkan pemahaman pada materi sistem reproduksi khusunya pada submateri pencemaran lingkungan dan upaya pelestariannya. Instrument penelitian yang dipakai yakni modul ajar, lembar penilaian kelayakan isi dan kelayakan penyajian e-modul, pretest dan posttest, serta angket penilaian guru dan siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-Modul dalam kriteria valid ditinjau dari aspek kelayakan isi dan kelayakan penyajian e-modul yaitu (88,23% dan 96,90%) dengan kategori sangat layak; (2) E-Modul telah memenuhi nilai kepraktisan dari hasil respon guru dan siswa yaitu (98,40% dan 95,40%) pada kategori sangat praktis; (3) E-Modul memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan analisis nilai hasil belajar siswa pretest dan posttest didapat N-Gain sebesar 0,80 (termasuk dalam kategori tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Sistem reproduksi; Media pembelajaran; Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 22 May 2024 05:01
Last Modified: 22 May 2024 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57576

Actions (login required)

View Item
View Item