Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Desain Pemodelan Dan informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan

Bangun, Telabta Elybahtra (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Desain Pemodelan Dan informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.5151111056 COVER.pdf] Text
1. NIM.5151111056 COVER.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 2. NIM.5151111056 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.5151111056 APPROVAL SHEET.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of 3. NIM.5151111056 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.5151111056 ABSTRACT.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4. NIM.5151111056 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.5151111056 PREFACE.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 5. NIM.5151111056 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.5151111056 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 6. NIM.5151111056 TABLES.pdf] Text
6. NIM.5151111056 TABLES.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 7. NIM.5151111056 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM.5151111056 ILLUSTRATION.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 8. NIM.5151111056 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM.5151111056 APPENDICES.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 9. NIM.5151111056 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.5151111056 CHAPTER I.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 13. NIM.5151111056 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.5151111056 CHAPTER V.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 14. NIM.5151111056 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.5151111056 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik dengan menggunakan dua model pembelajaran yaitu model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning dalam proses pembelajaran. penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB 1 yang berjumlah 30 siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa kelas XI DPIB 2 yang berjumlah 30 siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning. Sebelum penelitian ini dilakukan, intrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan. Hasil uji coba instrumen tes Belajar diperoleh 15 butir tes yang valid dari 20 butir tes yang diuji cobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning memberi pengaruh yang positif secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan thitung = 3.040 > tTabel = 1.671 pada taraf signifikan α = 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran problem based learning; discovery learning; hasil belajar siswa
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 May 2024 04:39
Last Modified: 22 May 2024 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57569

Actions (login required)

View Item
View Item