Purba, Melaty Madearni (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Menggunakan Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran Pelaksanaan Dan Pengawasan Konstruksi Properti Siswa Kelas XI Program Keahlian Bisnis Konstruksi Properti Di SMKN 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5183311014 COVER.pdf
Download (298kB)
2. NIM 5183311014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (415kB)
3. NIM 5183311014 ABSTRACT.pdf
Download (522kB)
4. NIM 5183311014 PREFACE.pdf
Download (612kB)
5. NIM 5183311014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (657kB)
6. NIM 5183311014 TABLES.pdf
Download (475kB)
7. NIM 5183311014 ILLUSTRATION.pdf
Download (475kB)
8. NIM 5183311014 APPENDICES.pdf
Download (408kB)
9. NIM 5183311014 CHAPTER I.pdf
Download (1MB)
13. NIM 5183311014 CHAAPTER V.pdf
Download (674kB)
14. NIM 5183311014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (421kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran video menggunakan aplikasi videoscribe pada mata pelajaran pelaksanaan dan pengawasan konstruksi properti siswa kelas xi program keahlian
bisnis konstruksi properti di SMK Negeri 2 Medan, (2) Mengetahui ciri-ciri media pembelajaran video menggunakan aplikasi videoscribe yang digunakan pada pembelajaran pelaksanaan dan pengawasan konstruksi properti siswa kelas xi program keahlian bisnis konstruksi properti Di SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D) mengunakan model pengembangan 4-D (Four-D). Prosedur pembuatan media ini meliputi (1) Pendefenisian (define): analisis awal, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tujuan pembelajaran, (2) Perancangan (design) : pemilihan media, penyusunan materi, pemilihan format, rancangan awal, (3) pengembangan (development) : Pembuatan produk, validasi ahli, (4) Penyebaran (disseminate): penyebaran produk akhir. Pengembangan produk ini menggunakan software Video Scribe. Sketchup, InShot. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan ahli media, ahli materi, dan siswa, serta berupa data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli media, ahli materi, dan siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kelayakan media pembelajaran video pelaksanaan dan pengawasan konstruksi properti, Mendapatkan penilaian dari ahli materi dengan skor 4.69 (sangat layak), ahli media dengan skor 4.61 (sangat layak), dan uji coba skala kecil mendapatkan skor 4.8 (sangat layak), uji skala besar mendapatkan skor 4.97 (sangat layak). Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar media pembelajaran video menggunakan aplikasi video scribe pada mata pelajaran pelaksanaan dan pengawasan konstruksi properti, dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. (2) Ciri-ciri video pembelajaran dengan aplikasi videoscribe mata pelajaran pelaksanaan dan pengawasan konstruksi properti dari penggunaan aplikasi videoscribe sebagai media pembelajaran yaitu: (a) Memiliki animasi tangan menulis, (b) Memiliki gambar-gambar yang digunakan sebagai objek, (c) Memiliki video animasi, (d) Berlatar belakang putih, (e) Menjelaskan proses tahapan pekerjaan, (f) Memiliki suara (sound) rekaman dan musik
pengiring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; Video; Four-D |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 May 2024 03:50 |
Last Modified: | 22 May 2024 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57540 |