PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP/MTS

Girsang, Tri Ananda (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP/MTS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4182111028_Cover.pdf] Text
4182111028_Cover.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 4182111028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182111028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4182111028_Abstrak.pdf] Text
4182111028_Abstrak.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 4182111028_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182111028_Kata_Pengantar.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 4182111028_Daftar_Isi.pdf] Text
4182111028_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4182111028_BAB_I.pdf] Text
4182111028_BAB_I.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of 4182111028_BAB_V.pdf] Text
4182111028_BAB_V.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 4182111028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182111028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (846kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan serta menghasilkan produk E-modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pemahaman konsep terhadap materi peluang kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis dan efektif. Dilaksanakan di SMPS IT Al-Hijrah 2 Deli Serdang melalui metode mengembangkan perangkat
4D (Four D Model) dimulai dari tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (mengembangkan) dan Desseminate (Penyebaran). Subjek yang digunakan pada riset adalah murid kelas VIII SMPS IT Al-Hijrah 2 Deli Serdang, yang berjumlah 18 orang. Berdasarkan hasil riset maka menunjukkan bahwa kualitas e-modul kegiatan belajar matematika yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yakni: (1) Aspek kevalidan, e-modul telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator materi dan media dengan rata-rata yakni materi 3,88 dan media 3,91 dalam ketegori
sangat layak. (2) Aspek kepraktisan berdasarkan hasil respon peserta didik dan guru matematika dengan memperoleh nilai rata-rata berturut-turut sebesar 3,79 (94,9%) dan 3,72 (93%) dalam ketegori sangat praktis. (3) Aspek keefektifan, e-modul telah memenuhi keefektifan dilihat dari hasil belajar murid secara kalsikal. Hasil diperoleh sebesar 89% dengan kategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-mdul valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Gir p
Keywords: E-modul; Realistic mathematics education; Pemahaman konsep; Peluang; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2024 03:51
Last Modified: 22 May 2024 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57535

Actions (login required)

View Item
View Item